Kata Dasco, Hampir Seluruh Komisi dan AKD Terapkan Lockdown

  • Bagikan
hadi
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menginformasikan sejumlah Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan menerapkan lockdown lokal hingga dua pekan ke depan.

Penerapan lockdown lokal dilakukan lantaran sejumlah anggota DPR RI dan staf di parlemen terjangkit Covid-19 baru-baru ini.

“Jadi hampir rata-rata Komisi dan AKD menerapkan lockdown lokal kecuali banggar yang masih mengadakan beberapa rapat, karena siklus anggaran dengan prokes yang sangat ketat, 25 persen dari jumlah yang seharusnya hadir. Ini juga cuma 2 kali rapat lagi,” kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Dasco berharap dalam dua pekan ke depan masyarakat bisa sama-sama tinggal di rumah mempersempit ruang gerak untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19.

“Saya usulkan juga kepada pemerintah, karena Sabtu-Minggu kan roda.perekonomian terutama perkantoran dan lain-lain tutup, kalau bisa dilakukan pembatasan sosial berskala besar atau katakanlah semi lockdown untuk hari libur terutama. Jadi lebih baik memang kecuali tidak penting-penting untuk hari libur tetap di rumah,” terangnya.

Terlepas dari itu, Dasco menekankan, pemerintah harus dapat memberikan saksi tegas bagi para pelaku pelanggar protokol kesehatan. Apalagi, saat ini telah muncul banyak varian baru Covid-19 di Indonesia.

“Kalau perlu memang sanksinya tegas supaya selama dua pekan ke depan bisa sama-sama menekan laju covid-19. Dua pekan ini menurut kita sangat penting karena sampai dengan akhir minggu, Juli itu diperkirakan ahli lonjakan sedang akan tinggi-tingginya sehingga untuk mengantisipasi itu dua pekan ke depan kita harus sangat ketat,” tandas Ketua Harian DPP Gerindra ini.[prs]

  • Bagikan