Connect with us

DPR

Junimart Minta Kemenpan dan BKN Beri Perhatian Lebih Pada Seleksi CPNS dan PPPK

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Jelang pembukaan seleksi (Calon Pegawai Negeri Sipil) CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pemerintah perlu mempersiapkan semua secara matang. Alasannya, banyak kepala daerah yang kurang memahami masalah kepegawaian.

Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang saat memimpin rapat kerja Komisi II DPR MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

“Seleksi CPNS dan PPPK nonguru ini harus diperhatikan BKN karena kepala daerah ini ada yang dari pengusaha dan preman, sehingga kurang memahami roh kepegawaian,” ujar Junimart.

Menurutnya, dalam jelang seleksi CPNS dan PPPK ini, apakah Panitia Petugas Khusus (PPK) sudah diberikan pembekalan yang cukup untuk memastikan kelancaran seleksi CPNS.

“Apakah memang sudah ada pelatihan khusus Pak kepada PPK? Ini untuk memastikan kalau PPK ini betul betul paham dengan mekanisme CPNS tersebut,” ujarnya.

Secara khusus, Junimart meminta BKN mengawasi pelaksanaan rekrutmen PPPK dari awal sampai akhir.

Politikus PDI Perjuangan itu mengkhawatirkan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) akan marak jika kepala daerah diberi kewenangan meluluskan peserta seleksi CPNS maupun PPPK.

“Hal ini memicu arogansi pemda sehingga BKN harus berhati-hati agar tidak terjadi KKN,” ucapnya.

Sementara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan, formasi CPNS dan PPPK 2021 yang sudah ditetapkan sebanyak 698.618.

Angka tersebut meleset jauh dibandingkan target awal pemerintah sebanyak 1,3 juta ASN baik CPNS maupun PPPK.

“Pengadaan ASN tahun ini menggunakan sistem merit di mana formasi yang sudah kami tetapkan sebanyak 698.618,” kata Menteri Tjahjo

Untuk diketahui, KemenPAN-RB dalam rapat koordinasi virtual pada 6 Mei 2021 dengan pemda sudah menyampaikan rencana pembukaan pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK pada 31 Mei. Namun, jadwal tersebut diundur.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

Puan: Jerat Lintah Darat Online Sampai ke Bosnya!

Diterbitkan

Pada

Penulis

Ketua DPR Puan Maharani/Net
Baca Berita

DPR

DPR Desak Kejati Aceh Usut Tuntas Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Jembatan Kilangan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Anggota Komisi III DPR Nazaruddin Dek Gam/Net
Baca Berita

DPR

DPR Minta Masyarakat Lombok Timur Bersabar dan Dukung Risma Bereskan DTKS

Diterbitkan

Pada

Penulis

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka/Net
Baca Berita
Loading...