Johann Zarco Raih Pole Position MotoGP Jerman 2021

  • Bagikan
Johann Zarco Raih Pole Position MotoGP Jerman 2021
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pembalap Pramac Johann Zarco meraih pole position MotoGP Jerman 2021 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (20/6). Zarco jadi yang tercepat di kualifikasi dengan mencatatkan waktu 1 menit 20,236.

Marc Marquez mencatatkan namanya sebagai pembalap tercepat saat kualifikasi menyisakan 11 menit usai mencatatkan waktu 1 menit 20,567 detik.

Fabio Quartaro memanaskan persaingan pole position di MotoGP Jerman dengan menggeser posisi Marquez setelah menorehkan waktu 1 menit 20,437 detik.

Johann Zarco dari Pramac melesat ke posisi teratas, menggusur Quartararo setelah mencatatkan waktu 1 menit 20,236 detik saat kualifikasi menyisakan 2 menit.

Sayangnya, kesuksesan Zarco itu harus dibayar mahal setelah pembalap asal Prancis itu mengalami kecelakaan di tikungan 5. Pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami juga terjatuh di tikungan 1.

Marc Marquez yang sempat tercepat pada awal kualifikasi harus start MotoGP Jerman dari posisi kelima.

Kualifikasi MotoGP Jerman kali ini tidak sekadar mendapatkan start terbaik saat balapan nanti. Sejumlah momen dan insiden mewarnai jalannya kualifikasi MotoGP Jerman 2021 di Sachsenring.

Ketika kualifikasi tersisa 8 menit, adik kandung Marquez, Alex Marquez, terlihat mendapat protes dari pembalap Ducati Jack Miller di tikungan 3.

Lorenzo Savadori dari Aprilia kecelakaan di tikungan 12 di kualifikasi pertama (Q1) MotoGP Jerman. Savadori mengalami downside yang membuatnya terempas ke gravel.

Juara bertahan Joan Mir mengalami masalah pada motornya saat Q1 tersisa kurang dari 3 menit. Saat itu, Mir menempati peringkat ketiga.

Pada kualifikasi MotoGP Jerman itu juga sempat terjadi ketegangan sesama pembalap. Memasuki menit-menit akhir kualifikasi, pembalap Tech3 Danilo Petrucci ribut dengan Enea Bastianini dari Esponsorama.

Pol Espargaro dan Joan Mir bersaing dengan apik guna lolos ke Q2. Pol Espargaro awalnya menggeser Joan Mir dari posisi teratas usai mencatatkan waktu 1 menit 20,700 detik.

Akan tetapi, tidak berselang lama, Mir merespons dengan kembali ke posisi tercepat dengan catatan waktu 1 menit 20,644 detik.

Selain Savadori, pembalap Petronas Franco Morbidelli juga mengalami kecelakaan di tikungan 13 sehingga gagal bersaing di Q2. Insiden itu membuat Morbidelli menempati posisi ke-18, atau dua setrip di belakang rekan satu timnya Valentino Rossi.

Nasib serupa dialami Iker Lecuona yang juga terjatuh di tikungan 1 menjelang kualifikasi MotoGP Jerman berakhir.[prs]

  • Bagikan