Jaksa Selidiki Kecelakaan Maut Penyebab Tewaskan Jason Dupasquier

Realitarakyat.com – Jaksa penuntut umum untuk Wilayah Florence, Italia, Alessandro Piscitelli, menyelidiki kecelakaan yang menewaskan pebalap Moto3 Jason Dupasquier pada rangkaian Grand Prix (GP) Italia, di Sirkuit Mugello, akhir pekan lalu.

Penyidikan terhadap kecelakaan yang menewaskan Jason Dupasquier itu diketahui berdasarkan laporan kantor berita Ansa pada Senin (31/5/2021) waktu setempat.

Dalam laporannya, Ansa memberitakan bahwa penyidikan akan dilakukan oleh oknum tak dikenal yang berada di bawah tanggung jawab jaksa Alessandro Piscitelli.

Tindakan investigasi pertama terdiri dari pemeriksaan eksternal terhadap tubuh Jason Dupasquier melalui autopsi.

Para penyelidik juga menyita semua gambar kecelakaan yang diambil oleh kamera di Sirkuit Mugello dan tidak disiarkan selama siaran langsung dengan keputusan tegas dari Dorna Sports selaku pemegang hak komersial olahraga balap motor MotoGP.

Ansa menulis, penyidikan ini dilakukan atas dasar dugaan manslaughter atau perbuatan tak disengaja karena keteledoran yang mengakibatkan kematian terhadap orang lain.

Kronologi kecelakaan yang tewaskan Jason Dupasquier
Kecelakaan yang dialami Jason Dupasquier terjadi pada sesi kualifiaksi Moto3 Italia di Sirkuit Mugello, Sabtu (29/5/2021).

Melansir Tuttomotoriweb, rekonstruksi kejadian saat ini menyatakan bahwa kecelakaan bermula ketika Jason Dupasquier kehilangan kendali atas motornya di Tikungan 9 (Arrabbiata 2) Sirkuit Mugello.

Jason Dupasquier kemudian terbaring dan tak sadarkan diri di tengah lintasan, tempat dirinya terhantam motor Ayumu Sasaki yang datang dari arah belakang dengan kecepatan tinggi sehingga tak sempat menghindari kecelakaan.

Ayumu Sasaki mengalami highside dalam kecelakaan tersebut. Namun, dia dinyatakan baik-baik saja setelah menjalani tes medis.

Sementara itu, Jason Dupasquier yang tertabrak di bagian dada dan kepala langsung ditangani oleh petugas medis yang bertugas.

Jason Dupasquier kemudian dibawa dengan helikopter medis ke Rumah Rumah Sakit Careggi di Florence, Italia.

Pebalap 19 tahun asal Swiss itu sempat mendapat perawatan intensif. Petugas medis pun disebut telah melakukan upaya terbaik saat menangani Dupasquier.

Akan tetapi, Dupasquier tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada keesokan harinya, Minggu (30/5/2021) pagi waktu setempat.

Kabar kepergian Dupasquier meninggalkan luka mendalam bagi dunia balap motor.

Para pebalap MotoGP sempat melakukan penghormatan kepada Jason Dupasquier yang tergabung di tim CarXpert PruestelGP saat gugur di Sirkuit Mugello.

Penghormatan dari para pebalap MotoGP untuk Jason Dupasquier berlangsung persis sebelum balapan MotoGP Italia dimulai. (ndi)