Inggris Menang Atas Krosia 1 – 0

  • Bagikan
Inggris Menang Atas Krosia 1 - 0
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Inggris membuka perjalanan di Piala Eropa 2020 dengan hasil manis. Berjumpa Kroasia di penyisihan Grup D, skuad asuhan Gareth Southgate menang tipis 1-0.

Di Wembley, Minggu (13/6/2021), Raheem Sterling menjadi pahlawan kemenangan The Three Lions. Gol tunggalnya di menit ke-56 sudah cukup mengantarkan Inggris meraih tiga poin.

Hasil ini membuat Inggris membuka lebar-lebar peluang lolos ke 16 besar. Selanjutnya Inggris akan berjumpa Skotlandia pada 19 Juni, sedangkan Kroasia harus menang atas Republik Ceko pada 18 Juni demi membuka asa ke fase gugur.

Inggris sudah memberi ancaman di menit ke-6. Sepakan kaki kiri Phil Foden membentur tiang gawang, selamatlah Kroasia dari kebobolan.

Menit ke-9, sepak pojok Mason Mount dibuang oleh Andrej Kramaric, namun bola muntah itu disambar Kalvin Phillipis dengan tendangan voli dari luar kotak penalti. Kiper Kroasia, Dominik Livakovic, dengan sigap menepisnya.

Inggris terus mencoba menekan. Sulit menciptakan peluang di kotak penalti Kroasia, opsi tendangan jarak jauh diambil, seperti yang dilakukan Raheem Sterling pada menit ke-26. Namun hasilnya masih melebar.

Kroasia tak diam saja. Ivan Perisic juga mendapat kans pada menit ke-27 di kotak penalti Inggris, usai menerima umpan silang Sime Vrsaljko. Meski begitu, akurasinya buruk dan jauh dari sasaran.

Peluang kembali didapat Inggris pada menit ke-42, usai Duje Caleta-Car melakukan handball di depan kotak penalti Kroasia. Kieran Trippier maju sebagai penendang, namun sepakannya berhasil diblok pagar hidup Kroasia, tepatnya oleh Perisic.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Kroasia coba lebih menyerang. Luka Modric mengancam dengan sepakan jarak jauhnya di menit ke-54, namun Jordan Pickford berhasil mengamankannya.

GOL! Di menit ke-56, Phillips dengan cerdik mengirim umpan terobosan kepada Sterling yang masuk ke kotak penalti. Sepakan pemain Manchester City itu sempat mengenai tangan Livakovic, namun bola tetap bergulir masuk.

Kroasia berusaha menyamakan kedudukan. Di menit ke-65, Ante Rebic mendapat peluang di depan gawang Inggris, usai menerima bola muntah, namun sepakannya melebar ke sisi kanan.

Menit ke-67, Marcelo Brozovic mendapat kartu kuning atas pelanggarannya kepada Mason Mount di depan kotak penalti Kroasia. Mount sendiri yang menjadi penendang, namun tembakannya melayang tipis di atas gawang.

Di menit ke-70, Brozovic mencoba memanfaatkan umpan sepak pojok Modric, tetapi tendangan jarak jauhnya melenceng di sisi kiri.

Setelahnya laga berjalan lambat. Tak ada lagi peluang membahayakan dari kedua tim. Empat pergantian pemain yang dilakukan Kroasia juga tak membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk Inggris bertahan hingga usai.

Susunan pemain;

Inggris: Pickford, Walker, Stones, Mings, Trippier, Rice, Phillips, Mount, Foden (Rashford 71′), Sterling (Calvert-Lewin 90+2′), Kane (Bellingham 82′)

Kroasia: Livakovic; Vrsaljko, Caleta-Car, Vida, Gvardiol, Modric, Brozovic (Vlasic 70′), Kovacic (Pasalic 85′), Kramaric (Brekalo 70′), Rebic (Petkovic 78′), Perisic.(Ilm)

  • Bagikan