Indonesia Dibantai Habis Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

  • Bagikan
Indonesia Dibantai Habis Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Timnas Indonesia menelan kekalahan telak 0-4 saat menghadapi Vietnam di matchday ketujuh Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Skuat Merah Putih kedodoran setelah turun minum.

Bermain di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021) malam waktu setempat, Timnas Indonesia membuat rotasi dalam starting line up pemain. Nama-nama seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman disimpan di bangku cadangan.

Di babak pertama, Timnas Indonesia sempat menahan imbang Vietnam dengan skor kaca mata. Lini bertahan Indonesia yang dihuni Arif Satria dan Rizky Ridho berhasil tampil disiplin setidaknya hingga turun minum.

Semua berubah di babak kedua. Kendati pelatih Shin Tae-yong memasukkan Egy dan Witan untuk memecah kebuntuan Skuat Garuda, namun justru Vietnam lah yang berhasil menemukan cara membongkar lini bertahan Timnas Indonesia.

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, seperti menginstruksikan timnya untuk berhenti menusuk langsung ke kotak penalti Indonesia. Que Ngoc Hai dkk menjadi lebih banyak mengandalkan tendangan dari luar kotak penalti untuk merobek gawang Merah Putih.

Perubahan strategi di babak kedua ini berbuah manis buat Vietnam. Pada menit ke-50, Nguyen Tien Linh berhasil memecah kebuntuan dengan mengoyak gawang Nadeo Arga Winata. Papan skor berubah 1-0 untuk keunggulan Vietnam.

Aksi Nguyen Tien Linh membuka keran gol Vietnam di pertandingan tersebut. Pada menit ke-61, giliran Nguyen Quang Hai yang mencetak gol untuk menggandakan keunggulan Vietnam, 2-0.

Hanya berselang lima menit setelah gol kedua, Timnas Vietnam kembali berhasil merobek gawang Indonesia. Kali ini pemain pengganti yang masuk di babak kedua, Nguyen Cong Phuong, yang mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan jadi 3-0.

Pada menit ke-73, Vietnam mempertegas keunggulan menjadi 4-0 melalui aksi Vu Van Thanh. Kebobolan empat gol membuat mental pemain Timnas Indonesia semakin kedodoran. Hingga laga berakhir, Egy Maulana Vikri dkk gagal mencetak gol balasan.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia semakin terbenam di dasar klasemen Grup G dengan satu poin dari tujuh laga. Sedangkan bagi Vietnam, kemenangan 4-0 atas Indonesia semakin mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen.

Vietnam kukuh di puncak klasemen Grup G dengan rekor tak terkalahkan di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan 14 poin. Mereka unggul dua angka di belakang UEA yang terus berusaha naik ke puncak.[prs]

  • Bagikan