Hetifah Sjaifudian Dorong Pengembangan KEK Tanjung Lesung Jadi Prioritas Nasional

Realitarakyat.com – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendorong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten kembali menjadi kawasan ekonomi program prioritas nasional.

“Destinasi wisata Tanjung Lesung memiliki potensi besar dalam mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah, maka dari itu perlu dikembangkan,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian lewat rilis yang diterima Redaksi, Senin (7/6/2021).

Ia menyatakan, telah mendengar aspirasi dan keluhan dari berbagai pihak termasuk dari Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban terkait pengembangan destinasi wisata Tanjung Lesung.

“Semua yang terkait dengan Tanjung Lesung, mulai perencanaan, strategi, dan lain sebagainya menjadi catatan bagi kami untuk ke depannya,” katanya.

Pengembangan KEK Tanjung Lesung, kata dia lagi, memang merupakan urusan lintas kementerian, akan tetapi masukan dari seluruh elemen yang terlibat terkait kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Panimbang itu, akan ditindaklanjuti baik oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemprov Banten maupun Komisi X DPR RI.

“Kami sebagai anggota DPR RI Komisi X siap menjembatani dan menyampaikan hasil diskusi-diskusi kunjungan kerja ini kepada pihak-pihak yang berkepentingan, maka dari itu kami akan berupaya mendorong agar KEK Tanjung Lesung kembali masuk sepuluh besar Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” katanya pula.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan kunjungan kerja Komisi X DPR RI ke Kabupaten Pandeglang merupakan momen tepat karena komisi tersebut membidangi masalah pariwisata.

“Dalam pertemuan tadi, kami telah menyampaikan aspirasi dan kendala dari berbagai pihak kepada para wakil rakyat, mudah-mudahan ada tanggapan dan langkah konkret atas aspirasi yang disampaikan,“ kata Tanto.

Menurut Tanto, saat ini Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung sudah keluar dari 10 besar program prioritas nasional, sehingga diharapkan dari pertemuan ini ada dukungan dan motivasi dari anggota Komisi X DPR RI untuk menjadi bahan evaluasi agar KEK Tanjung Lesung ini kembali masuk dalam program pembangunan skala prioritas nasional.(Din)