1

Haikal Hassan Kembali Dilaporkan Kepolisi Terkait Cuitan Hoaksnya Soal Haji di Medsos

Realitarakyat.com – Cuitan Haikal Hassan di media sosial Twitter tentang keberangkatan haji tahun 2021 oleh pemerintah Indonesia berbuntut panjang.

Ketua Cyber ​​Indonesia Habib Husin Shihab bakal melaporkan Haikal Hassan ke pihak kepolisian pada Senin (7/6/2021).

“Besok hari Senin insya Allah jam 1 siang ke SPKT Bareskrim Polri untuk bikin laporan. Mohon dukungan dari masyarakat,” kata Husin Shihab di akun Twitternya yang dilihat Redaksi, Senin (7/6/2021).

Pendiri Cyber ​​Indonesia Muannas Alaidid sebelumnya mengatakan, bahwa Senin ini memutuskan akan resmi melaporkan Haikal Hassan.

“Karena ini delik umum, entah sudah berapa laporan terhadapnya dibuat, kali ini dugaan menyebarkan berita bohong dan SARA tweet haji yang berakibat kegaduhan di tengah masyarakat,” tulis akun Twitternya.

Sebelumnya, Haikal Hassan menulis cuitan di Twitter pribadinya @haikal_hassan pada Kamis 4 Juni 2021, tentang pemberhentian pemberangkatan haji tahun 2021 oleh pemerintah Republik Indonesia.

Dikutip Suaraislam.co, Haikal menuding tentang pemberangkatan jamaah haji tahun 2021 ini karena ada kedekatan antara Indonesia dengan Republik Rakyat China (RRC).

“Baru pertama kali terjadi sejak ada NKRI dimana warganya tidak bisa pergi haji. Apakah karena faktor terlalu dekat dengan RRC? Apakah karena kezaliman thd HRS? Apakah karena dana haji terpaksa dipakai? Apakah murni alasan kesehatan? Apakah menunggu keadilan akhirat saja?,” tulis Haikal Hassan Baras.

Namun, tweet tersebut saat ini sudah dihapus oleh Haikal Hassan. Ia mengunggah sebuah tautan berita dari Kompas.com tentang sikap Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi tentang polemik kuota haji tahun 2021 untuk Indonesia.(ilm)