1

Guru Besar FISIP UI Sebut Megawati Berkarakter Kuat

Realitarakyat.com – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dinilai memiliki karakter kuat sebagai seorang pemimpin.

Guru Besar bidang Sosiologi Organisasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Sudarsono Hardjosoekarto mengatakan, di masa kepemimpinan Megawati, Indonesia sedang menghadapi masa yang sangat sulit, yakni krisis multidimensi.

“Megawati memiliki karakter dan wibawa yang kuat sebagai pemimpin negeri,” katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Saat itu, lanjut Sudarsono, tanpa harus mengabaikan pentingnya masalah-masalah lain yang sama mendesaknya, dalam jangka pendek Megawati meletakkan prioritas pada tiga program utama, yaitu pemulihan ekonomi, normalisasi kehidupan politik, dan penegakan hukum, keamanan, serta ketertiban masyarakat.

“Saya melihat kecermatan Presiden Megawati Soekarnoputri dalam memahami karakteristik krisis nasional saat itu,” ujarnya.

Sudarsono menilai, Megawati membawa Indonesia melangkah melewatinya, baik lewat mencairkan kebekuan kerja sama dengan IMF, memecahkan kebuntuan penyelesaian proyek penting sektor energi, hingga mendorong peran investor domestik maupun internasional.

Sudarsono pun mengungkapkan, bahwa Megawati memiliki kepemimpinan visioner.

“Pendapat akademik saya adalah prestasi sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintah merupakan wujud nyata ilmu pengetahuan Kepemimpinan Strategik atau Strategic Leadership,” ungkapnya.(Din)