Gobel: Pers Punya Posisi Penting Dalam Masyarakat Modern

  • Bagikan
Gobel: Pers Punya Posisi Penting Dalam Masyarakat Modern
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menilai pers merupakan anak kandung peradaban modern. Gobel menyatakan pers memiliki peranan penting di tengah pandemi Covid-19. Sebab, banyak hoax yang beredar di masyarakat.

“Pers memiliki posisi penting dalam masyarakat modern. Pers adalah anak kandung peradaban modern,” kata Gobel dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di Tangerang, Banten, Jumat (18/6/2021).

Gobel menyatakan posisi wartawan sangat mulia. Dikatakan, wartawan bukan profesi yang bisa digeluti semua orang. Dibutuhkan keahlian, ketekunan, kejujuran, wawasan luas, termasuk memahami metode berpikir ilmiah agar dapat menjadi wartawan profesional.

“Tidak mungkin individu bisa komunikasikan pikirannya secara tradisional. Ia butuh perantara pers. Untuk bisa menjalani fungsi dengan tepat dan benar, maka pers harus diberi kebebasan dan kemerdekaan,” ucap Gobel.

Gobel mengajak para wartawan parlemen dapat menjalin sinergisitas dengan DPR. Bekerja bersama untuk bisa membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Selain itu juga ikut memberikan sumbangsih pemikiran.

“Dalam pandemi ini kita banyak sekali kita hadapi hoax. Masyarakat pun sudah banyak tidak paham mana berita benar dan tidak benar. Peran DPR dan rekan-rekan media, sangat penting dalam kita menghadapi pandemi,” tegas Gobel.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengapresiasi kegiatan Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR. Menurut Indra, kegiatan tersebut menjadi wadah silaturahmi yang mempertemukan pimpinan DPR, anggota DPR, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR serta wartawan yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan Parlemen.

“Tujuannya agar ada sinergisitas antara wakil rakyat dan wartawan parlemen. Selain itu juga silaturahmi antara pimpinan, anggota DPR, serta lingkungan Setjen dan wartawan yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan Parlemen,” kata Indra dalam sambutannya.

Indra berharap forum tersebut dapat menyokong peran DPR dalam mengupayakan pemulihan ekonomi saat pandemi. Dikatakan, DPR tetap turun ke masyarakat dan menyerap aspirasi masyarakat seluas-luasnya.

Sementara itu, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Marlen Ericson Sitompul menyebutkan, forum komunikasi dan sosialisasi menjadi sarana bagi penyampaian kinerja DPR kepada media. Terutama peran DPR dalam upayanya memulihkan ekonomi selama pandemi Covid-19.[prs]

  • Bagikan