Ganjar Berpotensi Jadi Ketum PDIP Asal Memang di Pilpres 2024

  • Bagikan
ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai queen maker di Pilpres 2024. Kemudian apa komplikasinya jika Megawati memutuskan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 dan menang.

Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menjelaskan bahwa saat ini elektabilitas Ganjar Pranowo cukup besar, yakni 15,5 persen. Dibandingkan Puan Maharani yang hanya 2 persen, Ganjar adalah kader PDIP yang memiliki elektabilitas tinggi untuk menjadi capres 2024.

“Kalau kemudian Megawati memilih Ganjar Pranowo (untuk capres 2024), kalau kita lihat secara potensi memang Ganjar memiliki potensi yang lebih besar dibanding Mbak Puan,” kata Adjie saat jumpa pers virtual, Kamis (17/6/2021).

Jika Ganjar Pranowo dicapreskan dan memenangi Pilpres 2024, hal itu akan berimplikasi kepada Ganjar berpotensi besar menjadi Ketum PDIP selanjutnya.

“Maka yang pertama menjadi PR adalah potensi Ganjar menjadi Ketua Umum PDIP berikutnya. Karena kita tahu Ganjar bukan baru di PDIP, beda sama Jokowi di 2014, Pak Jokowi memang kader atau bisa dibilang kader PDIP, tapi bukan orang struktural PDIP sendiri,” kata Adjie.

Menurut Adjie, Ganjar adalah kader PDIP yang sudah lama masuk ke dalam struktur partai. Ganjar pernah dua kali menjadi anggota DPR RI dari PDIP dan kini menjabat Gubernur Jawa Tengah.

“Sehingga memang, potensi Ganjar menjadi Ketua Umum PDIP berikutnya besar. Walau ini kita sebut ini sebagai potensi ya, terlepas bagaimana dinamika di internal PDIP itu akan masih menjadi PR PDIP sendiri,” ucapnya.

Namun, skenario tersebut bukan tanpa hambatan. Tentunya masih ada trah Sukarno di dalam struktur PDIP hingga saat ini.

“Apakah rela atau bersedia, Ibu Mega atau Puan memberikan atau trah Sukarno-nya hilang dan digantikan oleh tokoh lain di luar trah Bung Karno?” imbuhnya.[prs]

  • Bagikan