Sindir Fahri Hamzah, MAKI Sebut Tak Ada Aksi Hebat oleh KPK Era Firli

  • Bagikan
MAKI
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Mantan pimpinan DPR RI, Fahri Hamzah, menilai KPK era Firli Bahuri tidak akan banyak melakukan operasi tangkap tangan (OTT) tapi lebih berorientasi kepada audit.

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mengatakan dengan OTT ataupun audit, tidak ada aksi pemberantasan korupsi hebat oleh KPK era Firli.

“Selama kepemimpinan Pak Firli juga tidak ada yang menonjol dan yang hebat, baik dari dua sisi, yang OTT maupun yang dikatakan Pak Fahri tentang mengintip audit. Karena tidak ada kasus yang diungkap dengan cara melakukan audit atau permintaan audit kepada BPK juga tidak ada, jadi tidak ada dua-duanya,” kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, kepada wartawan, Sabtu (12/6/2021) malam.

Boyamin meminta Fahri untuk tidak membandingkan cara OTT ataupun audit. Dia lantas mengatakan KPK di era kepemimpinan sebelumnya pun bisa mengungkap kasus hebat melalui cara audit seperti kasus e-KTP, Century, dan BLBI.

“Saya minta tidak dibenturkan antara OTT dengan atau tidak dengan audit, karena KPK saat ini juga sudah hebat dengan melakukan audit, yaitu misal kasus E-KTP maupun kasus Century dan BLBI, tapi sudah banyak dan hebat,” ujarnya.

Boyamin menegaskan tidak ada kasus hebat yang diungkap KPK kepemimpinan Firli saat ini. Menurutnya dua kasus suap ekspor benur dan korupsi bansos yang melibatkan dua menteri itu pun hasil dari penyidik KPK yang terus mengejar kasus tersebut.

“Tapi selama Pak Firli tidak ada, kemudian pada posisi OTT saja yang terkait Harun Masiku juga sampai sekarang tidak mampu menangkap jadi tidak ada prestasi yang menonjol,” ujarnya.

“Kalaupun ada OTT dua menteri (soal) ekspor benur dan bansos. Itu karena ada kejengahan dari pimpinan KPK yang laen karena tidak ada produksi yang menonjol. Jadi nggak ada sisi yang hebat dari Pak Firli. OTT dua menteri itu saya mengatakan kalau Pak Firli tidak tau apa-apa,” imbuh Boyamin.[prs]

  • Bagikan