DPR Minta Pemerintah Berikan Insentif pada Nakes Covid-19

melki

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi IX DPR, Melkiades Laka Lena meminta pemerintah memberikan insentif kepada tenaga kesehatan yang bertugas menanganan pasien Covid-19. Hal itu penting diberikan, agar mereka bekerja dengan optimal.

“Berikan insentif, sehingga mereka bekerja dengan optimal. Dan pemerintah juga harus berupaya bagaimana memastikan masyarakat diam di rumah. Kalau pun harus keluar rumah, jalankan prokes dengan disiplin yang ketat,” katanya.

Selain itu, Laka Lena juga berharap agar tenaga kesehatan dan tenaga pendukung penanganan COVID-19 disiapkan dalam jumlah dan kualitas yang memadai.

Terkait upaya mencegah penyebaran Covid-19, dia meminta penegak hukum bertindak lebih tegas kepada pelanggar prokes. APalagi, katanya, penegak hukum sudah dibekali prosedur dalam memberikan sanksi kepada pelanggar aturan.

Selain itu, pemerintah perlu membatasi dan mengontrol aktivitas di ruang publik, seperti perkantoran, pasar, dan transportasi publik.

Lena mengatakan bahwa pengujian dan penelusuran perlu secara masif untuk mendapatkan gambaran situasi kondisi lapangan.

Menurut dia, kapasitas isolasi terpusat mulai dari level komunitas sampai level kabupaten kota atau provinsi perlu diperkuat.

“Perkuat dan lengkapi kapasitas faskes pertama dan lanjut dalam menangani kenaikan kasus saat ini,” katanya. (ndi)