1

Dokumen Rahasia Kemenhan Inggris Ditemukan Tercecer di Halte Bus

Realirakyat.com – Kantor berita Inggris, BBC melaporkan bahwa dokumen rahasia dari Kementerian Pertahanan Inggris ditemukan di sebuah halte bus.

Dokumen itu berisi rincian tentang kapal perang Inggris dan kemungkinan reaksi Rusia terhadap perjalanan kapal itu melalui Laut Hitam.

BBC mengatakan, dokumen yang hampir setebal 50 halaman itu, ditemukan di tumpukan basah di belakang halte bus di Kent oleh seorang anggota masyarakat, yang menolak disebutkan namanya.

Kementerian Pertahanan mengatakan telah diberitahu minggu lalu tentang sebuah insiden di mana dokumen sensitif ditemukan oleh anggota masyarakat.

“Kami menangani keamanan informasi dengan sangat serius dan penyelidikan telah diluncurkan,” kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

“Karyawan yang bersangkutan melaporkan kehilangan pada saat itu. Tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut,” sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (27/6/2021).

Menurut laporan BBC, dokumen itu termasuk email dan presentasi PowerPoint, terkait dengan kapal perang Inggris, Defender, yang berlayar melalui perairan semenanjung Crimea.

Dalam laporannya, BBC menuturkan bahwa dokumen tersebut menyarankan misi kapal itu dilakukan dengan harapan bahwa Rusia mungkin merespons secara agresif.(Din)