Daun Insulin Bermanfaat Turunkan Gula Darah

  • Bagikan
Daun Insulin Bermanfaat Turunkan Gula Darah
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tidak sedikit orang dengan diabetes (diabetesi) yang mencari alternatif obat alami. Salah satu yang paling populer adalah daun insulin, alias tanaman dengan nama latin Costus igneus.

Tanaman ini dinamakan daun insulin karena diyakini memiliki fungsi yang sama dengan suntik insulin, yaitu mengendalikan kadar gula dalam darah. Namun, apakah benar tanaman insulin ini memberikan manfaat bagi pasien diabetes? Cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Potensi manfaat daun insulin untuk menurunkan gula darah
Mengonsumsi daun insulin banyak diyakini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah penelitian dari Kasturba Medical College yang secara spesifik meneliti manfaat daun insulin terhadap kadar gula darah diabetesi di India. Penelitian tersebut juga membandingkan efektivitas tanaman insulin ini dengan keampuhan obat diabetes.

Peneliti menyimpulkan manfaat daun insulin tersebut setelah mengeringkan daun tersebut selama bulan September dan Oktober. Setelah dikeringkan, daun ini ditumbuk halus sampai menjadi bubuk. Bubuk tanaman insulin itu kemudian dibagi ke dalam beberapa dosis dan dilarutkan dengan air.

Air larutan dari daun insulin tersebut kemudian diberikan kepada tikus jantan. Hari sebelumnya, tikus-tikus itu sudah lebih dulu diberikan obat glibenclamide.

Selama penelitian ini, tikus-tikus tersebut sengaja tidak diberikan makan dengan tujuan agar kadar gula darahnya menurun. Hasilnya, kadar gula darah 2 jam post-prandial (dula darah 2 jam setelah makan) tikus setelah diberikan minuman air tanaman insulin menurun.

Penurunan ini setara dengan tingkat penurunan kadar gula darah 2 jam setelah makan dengan pengobatan menggunakan glibenclamide.

Masih dari India, penelitian lain yang diterbitkan oleh International Journal of Ayurveda Research juga menemukan hal serupa.

Peneliti melaporkan bahwa daun insulin mampu menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP (2 jam setelah makan) ke taraf normal pada tikus lab yang mengalami hiperglikemia atau setelah dipicu dengan obat dexamethasone.

Meski sudah dilakukan beberapa studi, belum jelas seperti apa atau bagaimana mekanisme tanaman insulin ini bisa menurunkan gula darah yang tinggi.

Khasiat lain dari tanaman insulin untuk kesehatan tubuh
Manfaat daun insulin untuk diabetes sejauh ini belum sepenuhnya terbukti oleh penelitian medis. Namun sejumlah studi melaporkan tanaman insulin juga memiliki potensi khasiat lain, di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Pharmacognosy Reviews, efek penurunan tekanan darah dari daun insulin berasal dari efek diuretiknya yang bekerja mirip dengan obat furosemide. Furosemide adalah obat diuretik yang salah satunya digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Penelitian ini membandingkan efek daun insulin dosis 100 dan 200 mg per kilogram berat badan dengan furosemide per 4 mg/kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman insulin memiliki efek penurunan kadar kalium dan natrium yang sama banyaknya dengan efek obat furosemide.

Yang perlu dipahami, pengendapan natrium dan kalium yang terlalu banyak dalam darah memang terkait dengan peningkatan tekanan darah seiring waktu.

2. Mengandung antioksidan
Daun insulin dilaporkan mengandung dua senyawa antioksidan bernama quercetin dan diosgenin berguna untuk melawan efek radikal bebas pada organ hati, pankreas, dan ginjal tikus yang mengalami diabetes.

Sebuah penelitian lain menemukan bahwa aktivitas antioksidan dalam tanaman insulin ini tergolong sangat tinggi, yakni berada di sekitar 89,5% dan 90 persen.

3. Sifat antimikroba
Ekstrak metanol dari kandungan pada tanaman insulin menunjukkan aktivitas antibakteri yang bekerja melawan perkembangan bakteri tertentu.

Beberapa bakteri yang ampuh dihentikan aktivitasnya oleh daun insulin meliputi Bacillus megaterium, Micrococcus leuteus, Staphylococcusn aureus, Streptococcus lactis, salmonella dan bakteri Pseudomonomon aeruginosa negatif.

Ekstrak etanol daun ini juga ditemukan menunjukkan aktivitas antibakteri dan antijamur terhadap bakteri E. coli dan Candida albicans.

Cara lain menurunkan gula darah untuk orang diabetes
Sama seperti jamu serta obat-obatan herbal lainnya, menggunakan daun insulin harus di bawah pengawasan dokter. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter yang menangani Anda jika ingin mencoba menggunakan tanaman insulin untuk mengelola diabetes. Anda juga tidak bisa menggunakan tanaman insulin sebagai pengganti pengobatan utama.

Tidak semua tanaman atau obat herbal akan memunculkan efek yang seragam pada setiap pasien diabetes. Jamu dan obat-obatan herbal juga tidak memiliki standar dosis yang tepat.

Salah dosis atau cara pemakaian obat herbal mungkin malah dapat berisiko memperburuk kondisi Anda, serta berpotensi menimbulkan komplikasi diabetes. Ini membuat penggunaan tanaman insulin sebagai pengobatan diabetes masih berisiko.

Berikut adalah cara alternatif yang juga efektif untuk membantu menurunkan gula darah dan mengatasi gejala diabetes, selain dengan menggunakan daun insulin:

Suntik insulin: daun insulin saja tidak cukup, diabetesi mungkin butuh tambahan hormon insulin buatan dari suntikan untuk mengendalikan gula darahnya.

Banyak minum air putih: diabetes akan membuat Anda sering haus. Asupan cairan yang mencukupi dapat menetralisir kelebihan gula dalam darah untuk kemudian dibuang bersama urine.

Olahraga secara rutin: aktif bergerak adalah cara yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah dan turut membantu fungsi jantung. Pilih jenis olahraga yang aman untuk diabetes.

Membatasi makan gula: makanan tinggi gula menjadi penyebab utama dari diabetes. Bila ingin menggunakan pemanis, coba alternatif pemanis yang lebih sehat dan aman untuk diabetes. (ndi)

 

sumber: hellosehat

  • Bagikan