Connect with us

Ekonomi

Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Dimulai dari Desa-desa

Diterbitkan

Pada

Bangkitkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Dimulai dari Desa-desa
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel mengatakan, pertumbuhan ekonomi saat pandemi Covid-19 ini bisa dibangkitkan dan dikembangkan di pinggir wilayah Indonesia atau mulai di desa-desa. Pasalnya, banyak hasil produk perdesaan yang berpeluang besar di pasar global.

“Dari Desa inilah kita bisa memperdayakan sejumlah hasil produk menjadi dari tingkat desa menjadi global. Kita memiliki peluang besar dapat menjadi negara besar dengan kondisi pandemi saat ini,” ujar Rahmat Gobel dalam acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertajuk ‘Peran DPR RI dalam Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi’, di Kawasan Tangerang Selatan, Jumat (18/6/2021).

Dikatakannya, Indonesia memiliki rempah-rempah melimpah yang bisa digunakan untuk membuat obat-obat herbal dan jamu yang banyak dibutuhkan orang-orang di dunia pada saat pandemi-19 Covid ini.

“Dulu, Belanda menjajah Indonesia hanya untuk menguasai rempah-rempah. Rempah-rempah ini sangat dibutuhkan saat kondisi pandemi seperti sekarang ini untuk obat. Sebenarnya ini kesempatan bagi kita untuk bangkit, bukan justru kita terpuruk dengan pandemi ini,” terangnya.

Menurutnya, hasil olahan jamu ini juga sangat diminati dan disukai oleh masyarakat luar negeri. “Saya pernah berada di Rusia yang musim dinginnya panjang. Di satu kesempatan, pernah produk olahan jamu ini disuguhkan di sana.

Dan, hanya beberapa menit saja minuman jamu ini habis dikonsumsi oleh mereka yang biasa minum alkohol. Mereka bilang enak dan hangat,” ungkap politisi yang punya latar belakang pengusaha ini.

Menurutnya, membuat satu produk jamu yang bisa dinikmati pasar dalam dan luar negeri akan menjadi peluang besar mengangkat kembali perekonomian masyarakat, yang tengah berjuang dalam kondisi pandemi yang belum diketahui akan berakhirnya ini.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen DPR RI, Indra Iskandar melaporkan, selama pandemi Covid-19, DPR tetap berupaya melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga Legislatif. DPR tetap melakukan kegiatan rapat bersama pemerintah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, baik secara fisik maupun virtual.

“Selain itu, DPR tetap terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan penyerapan aspirasi dan melaksanakan pengawasan terhadap kebijakan pemerintah dan penanganan Covid-19. Bahkan, saya juga sampaikan saat ini ada sejumlah anggota DPR dan tenaga ahli, pamdal, staf, pegawai serta tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19,” paparnya

Istri Manapun akan Senang jika Suaminya Melakukan Ini!JADILAH “PAPA PATEN”
Sementara ia mengatakan, keberadaan media juga tak akan bisa dipisahkan dalam setiap kegiatan kedewanan. Sebab, media sebagai distributor informasi mempunyai peran penting untuk menyalurkan informasi kepada masarakat.

“Wartawan Parlemen yang kerap berinteraksi dengan wakil rakyat dalam menggali informasi, tentu sangat memahami bagaimana usaha yang telah dilakukan anggota dewan dalam memperjuangkan hak rakyat, serta mendorong Indonesia terlepas dari bencana pandemi Covid ini,” ujarnya. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Percepat Laju Perekonomian Lokal, PON XX Jadi Ajang Promosi Kuliner Khas Papua

Diterbitkan

Pada

Penulis

Percepat Laju Perekonomian Lokal, PON XX Jadi Ajang Promosi Kuliner Khas Papua
Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira (ist/net)
Baca Berita

Ekonomi

Pengamat : Waspada RI, Ekonomi Tahun Ini Diyakini akan Terseok-seok

Diterbitkan

Pada

Penulis

Pengamat : Waspada RI, Ekonomi Tahun Ini Diyakini akan Terseok-seok
Baca Berita

Ekonomi

Transformasi Digital, Solusi Bagi UMKM Terdampak PPKM

Diterbitkan

Pada

Penulis

Transformasi Digital, Solusi Bagi UMKM Terdampak PPKM
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (ist/net)
Baca Berita
Loading...