Bamsoet Sebut KEK Tanjung Lesung Punya Potensi Untuk Sport Tourism

  • Bagikan
Bamsoet Sebut KEK Tanjung Lesung Punya Potensi Untuk Sport Tourism
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung tak hanya memiliki potensi di sektor pariwisata pantai dan alamnya. Menurutnya, KEK Tanjung Lesung juga berpotensi besar dalam pengembangan sport tourism termasuk kejuaraan otomotif.

“Terlebih dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang mengembangkan infrastruktur penunjang konektivitas Jakarta-Tanjung Lesung, bahkan Tanjung Lesung hingga ke Patimban, yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 yang mempermudah akses menuju Tanjung Lesung. Menjadikannya sebagai destinasi favorit sport tourism,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (1/6/2021).

Hal ini dia ungkapkan usai menerima Badan Pembina IMI Pusat sekaligus CEO Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto, yang melaporkan hasil kunjungan IMI Pusat, IMI DKI Jakarta, dan IMI Banten ke KEK Tanjung Lesung di Jakarta.

Lebih lanjut, Ketua Ikatan Motor Indoensia (IMI) menyampaikan pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Pandeglang maupun dengan pengelola KEK Tanjung Lesung dalam meningkatkan euforia sport tourism. Harapannya, upaya ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat serta memperluas lapangan pekerjaan.

“Lebih jauh lagi, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Banten, yang akibat pandemi COVID-19 menyebabkan terhentinya aktivitas pariwisata, sehingga menyebabkan penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banten. Dari tahun-tahun sebelumnya bisa menembus Rp 8 triliun, menjadi hanya Rp 7,88 triliun pada tahun 2020,” jelas Bamsoet.

Bamsoet juga menerangkan sebagai bentuk konkret dukungan, IMI menjadikan Sirkuit Badak di kawasan Tanjung Lesung sebagai tuan rumah dalam ajang Kejuaraan Nasional Sprint Rally Open Championship 2021. Dia mengungkapkan akan ada 3 dari total 6 balapan yang dilaksanakan pada April 2021, dan direncanakan juga pada September dan Oktober 2021.

“Berada di pinggir pantai Tanjung Lesung serta didukung bentangan alam yang eksotis, menjadikan Sirkuit Badak yang memiliki trek sekitar 5 km dengan karakter gravel dan hanya sedikit area yang bermedan tarmac (aspal) ini sebagai salah satu sirkuit offroad terbaik di Indonesia. Selain bisa digunakan untuk sprint rally, Sirkuit Badak juga bisa digunakan untuk rally cross, speed offroad, motor cross, drag, drift, carting, hingga safety driving course,” pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, sebelumnya rombongan IMI bersilaturahmi dengan Bupati Kabupaten Pandeglang, Irna Narulita dalam kunjungannya ke KEK Tanjung Lesung pada 30-31 Mei 2021. Pertemuan ini dihadiri pula oleh Kadispora, Kadis Pariwisata Ekonomi Kreatif, Kepala Bappeda, dan Kadis Perizinan Kabupaten Pandeglang, serta GM Tanjung Lesung Widianto.

Hadir pula Ketua Komisi Sosial IMI Pusat Dwi Aroem Hadiatie, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan, dan Ketua IMI Banten TB Roy.[prs]

  • Bagikan