1

Yunus Nusi Resmi Jadi Sekjen PSSI

Realitarakyat.com – Pelaksana tugas (Plt) Sekjen Yunus Nusi resmi ditetapkan sebagai Sekjen PSSI.

Kepastian ini didapat usai rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Rapat ini dipimpin Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan serta diikuti 13 dari total 15 Exco PSSI.

“Keputusan rapat Exco hari ini menetapkan pak Yunus Nusi sebagai Sekjen PSSI secara definitif dan beliau juga langsung mengundurkan diri sebagai anggota Exco PSSI dan Ketua Asprov PSSI Kaltim,” kata Iriawan dikutip dari laman PSSI.

“Kami melihat pak Yunus Nusi orang yang tepat untuk menjadi Sekjen PSSI saat ini. Selama menjadi Plt Sekjen satu tahun ini, saya dan teman-teman di Exco sudah melihat kinerja beliau. Tadi seluruh anggota Exco juga setuju dengan keputusan ini,” ucap Iwan Bule sapaan akrapnya.

Berdasarkan Bab VIII Pasal 61 ayat 2 di dalam revisi statuta PSSI yang disahkan pada 27 Juli 2019 saat Kongres PSSI di Hotel Mercure, Jakarta, Sekjen PSSI harus memenuhi kriteria dan kualifikasi profesional.

“Sekretaris Jenderal harus ditunjuk berdasarkan perjanjian yang diatur oleh hukum privat dan harus memenuhi kriteria dan kualifikasi profesional yang dapat dibuktikan dengan proses seleksi yang transparan dan akuntabel.” Begitu bunyi pasal tersebut.

Sementara, PSSI hingga saat ini memilih tidak melakukan proses seleksi secara terbuka dan menganggap kinerja Yunus Nusi sebagai Plt Sekjen selama lebih dari satu tahun telah menjadi bagian dari proses seleksi.[prs]