Virus India Masuk Indonesia, Rahmad Handoyo: Tak Perlu Panik dan Tetap Waspada

  • Bagikan
rahmad
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan varian virus Covid-19 asal India telah masuk ke Indonesia.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo menegaskan jika masyarakat tidak perlu panik atas temuan tersebut.

“Saya kira yang pertama, kita tidak perlu panik terhadap temuan mutasi virus dari India dan Afsel yang sudah masuk ke kita,” kata Rahmad saat dihubungi, Senin (3/5/2021).

Kendati demikian, dia meminta seluruh pihak tetap meningkatkan kewaspadaan lantaran karakteristik virus Covid-19 bisa berubah-ubah.

“Meski tidak panik tapi kewaspadaan tetap harus dilakukan. Apalagi keniscayaan virus itu berkutasi karena memang karakteristik virus itu berubah ubah yang menjadi persoalan kalau mutasinya itu menjadi semakin cepat dan berbahaya itu, ” ungkap politikus PDIP ini.

Lebih lanjut, Rahmad meminta protokol kesehatan tetap digalakkan sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan terjangkitnya virus Covid asal India ini.

Pasalnya, apapun itu, virus dalam bentuk yang lemah dan lebih cepat maupun lebih membahayakan itu sama saja.

“Jadi dengan protokol kesehatan kita melakukan pencegahan, sambil menunggu teknologi yang mumpuni untuk menghalau mutasi virus Covid-19,” demikian Rahmad.[prs]

  • Bagikan