Connect with us

Nasional

Ustaz Basalamah Klarifikasi Potongan Video Ceramah Dirinya Larang Nyanyikan Indonesia Raya

Diterbitkan

Pada

Ustaz Basalamah Klarifikasi Potongan Video Ceramah Dirinya Larang Nyanyikan Indonesia Raya
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ustaz Khalid Basalamah mengklarifikasi soal potongan video ceramah dirinya yang viral di media sosial (medsos) dan menuai kontroversi. Potongan video ceramah itu mengenai larangan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya.

Atas beredarnya potongan video viral itu, Ustaz Khalid Basalamah memberikan penjelasan. Ustaz Khalid Basalamah menyebut peristiwa dalam video itu terjadi di salah satu masjid di Jatinegara, Jakarta Timur, pada 2017.

“Saya Khalid Basalamah ingin meluruskan ada cuplikan pada tahun 2017 dulu ada seseorang yang bertanya di salah satu masjid di Jatinegara, tentang masalah di sekolah anak bapak penanya ini. Itu ada perintah untuk menyanyikan Indonesia Raya dan dia dari pernyataan yang saya tangkap tidak ingin ikut dan dia khawatir ditegur,” kata Basalamah, dalam akun YouTube Khalid Basalamah Official, seperti dilihat, Sabtu (29/5/2021).

“Saya pribadi sangat memahami masalah itu dan kalau bukan karena mencintai dan memperjuangkan negeri tercinta Indonesia, maka mungkin kami tidak akan selalu mengadakan live setiap hari menyampaikan agama Allah dan agama Allah itu isinya kebaikan,” kata Ustaz Khalid.

Ustaz Khalid Basalamah mengaku saat itu tengah membahas keluhan si penanya, bukan membahas syair Indonesia Raya. Ia memahami bahwa lagu Indonesia Raya diciptakan para pahlawan untuk memberikan motivasi kepada setiap generasi bangsa agar siap berjuang.

“Sesuai dengan pertanyaan itu, saya menjawab tidak usah Anda ikut, dalam arti kata dia sendiri memang merasa terbebani,” sambungnya lagi.

“Saya membahas tentang keluhan dia, jadi bukan sedang membahas tentang syair dan lagu Indonesia Raya,” tegas sang ustaz.

“Dengan cuplikan ini, saya berharap isu yang sedang tersebar yang menyatakan bahwasanya kesannya ‘Saya ini melarang mengikuti nyanyian atau lantunan syair Indonesia Raya’ ini bisa dipahami dengan akal yang sehat,” lanjutnya.

Atas jawabannya tersebut, sang ustaz mengatakan dengan tegas dirinya tidak pernah menyarankan atau melarang umat muslim untuk tak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Menurut sang ustaz, lagu tersebut seharusnya dijadikan motivasi agar bisa berjuang bagi negara dan agama.

“Kita semua warga negara Indonesia pasti sangat paham bahwa syair-syair disusun oleh para pejuang kita, justru menjadi motivasi agar masyarakat Indonesia siap berjuang,” jelasnya.

Sebelumnya, ustaz Khalid Basalamah menuai kontroversi terkait ceramahnya tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Potongan ceramah tersebut dikomentari banyak orang di media sosial Twitter.

Berawal dari pertanyaan salah satu jemaahnya soal lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat upacara bendera, ustaz Khalid Basalamah memberikan jawaban tegas. Dia memberi saran agar mereka tidak ikut menyanyikan Lagu Kebangsaan tersebut.

“Saran saya nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan),” jelas sang ustaz.[prs]

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Pemerintah Berikan 36.810 Hektar Tanah Bagi Orang Rimba di TNBD

Diterbitkan

Pada

Pemerintah Berikan 36.810 Hektar Tanah Bagi Orang Rimba di TNBD
Baca Berita

Headline

Akhir Juni Lion Air Group Buka Rute Jakarta – Purbalingga -Semarang

Diterbitkan

Pada

Penulis

Akhir Juni Lion Air Group Buka Rute Jakarta - Purbalingga -Semarang
Baca Berita

Headline

Anggaran Alpalhankam Rp1.760 Triliun, Prabowo : Itu Masih Kecil Jika Dibandingkan Amerika

Diterbitkan

Pada

Anggaran Alpalhankam Rp1.760 Triliun, Prabowo : Itu Masih Kecil Jika Dibandingkan Amerika
Baca Berita
Loading...