Connect with us

Daerah

Setahun Jadi Kapolda NTB, Irjen M Iqbal Berhasil Toreh Prestasi Gemilang

Diterbitkan

Pada

Setahun Jadi Kapolda NTB, Irjen M Iqbal Berhasil Toreh Prestasi Gemilang
Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Korp Bhyangkara NTB di bawah komando Irjen Pol. M iqbal, genap sudah setahun. Terhitung dari bulan Mei 2020 lalu, hingga Mei 2021. Sejumlah prestasi dan keberhasilan Polda NTB telah di toreh.

Karman BM, selaku Direktur Al Mentra Institute juga Aktifis Kepemudaan, menilai dalam rentang waktu setahun itu, banyak torehan dan prestasi yang diraih mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu di NTB.

Dalam catatanya, selaku aktivis kepemudaan di NTB mencatat sejumlah prestasi keberhasilan jajaran Polda NTB di bawah tongkat Komando Irjen. M Iqbal.

Mengawali tugasnya ia membangun persepsi publik bahwa tugas yang dipikul oleh kepolisian tidak bisa dijalankan sendirian, melainkan harus bersinergi dan kolaborasi dengan instansi lainnnya seperti TNI, Pemerintah Daerah, badan-badan pemerintah vertikal dan bahkan kelompok aktifs mahasiswa, pemuda, LSM dan tokoh-tokoh lokal.

“Membangun kerjasama yang harmois dengan semua unsur di NTB adalah upaya awal yang di lakukan paling mendasar,” ujarnya, Minggu (30/5/2021).

Disebutkannya, membangun komunikasi dan koordinasi yang baik di luar institusi Polisi menjadi poin penting dalam menjaga situasi Kamtibmas di daerah NTB yang kerap di sebut dengan daerah bumi gora ini. Kunjungan silaturrahmi keberbagai tokoh masyarakat NTB tak pernah henti, bahkan menjalin komunikasi melalui berbagai media sosial sering di lakukan.

“Hubungan emosional dengan sejumlah pihak di NTB menjadi bagian terpenting dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai,” terangnya.

Sinergitas dan kolaborasi itu lanjut Karman, terlihat dari semua program yang dilakukan. Seperti lomba kampung sehat dan kampanye sehat. Dua program yang melibatkan semua komponen dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan mengawal penyelenggaran Pilkada yang aman damai.

“Artinya, ia mengambil tanggung jawab untuk menjaga hak masyarakat tetap sehat, ekonominya hidup dan hak-hak politik warga terpenuhi. Terbukti pengendalian kasus covid 19 berhasil, aktifitas ekonomi bergairah dan Pilkada aman damai tanpa ada konflik horizontal,” paparnya.

Selain catatan itu, dalam rentang waktu kurang lebih lima bulan, sosok Iqbal yang dikenal bersahabat dengan semua pihak itu, berhasil mengamankan proyek strategis Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menjadi program pemerintah pusat super prioritas, tanpa ada yang cidera, dengan cara membentuk tim percepatan penyelesaian kawasan MotoGp Mandalika yang terdiri dari berbagai unsur lembaga negara vertikal yang ada di NTB, di antaranya BPN, Kejaksaan, Pengadilan dan Pemda.

“Kerja tim ini memadukan legitimasi publik dan kepastian hukum. Dan dalam proses pembebasan lahan mandalika berjalan lancar tidak ada korban. Ia berhasil mengajak semua pihak untuk mementingkan kepentingan NTB (NTB First) di atas kepentingan yang lain,” cetusnya.

Begitu pun dengan penanganan kriminalitas di NTB. Irjen Pol Iqbal terus meningkatkan upaya preventif dan premptive, melakukan deteksi dini dan upaya pencegahan. Sehingga kriminalitas di NTB selama setahun turun drastis.

“Dan tentu banyak hal lain yang pantas diapresiasi dari pak Irjen Iqbal yang tak cukup saya sampaikan. Semua itu membuat masyarakat NTB merasa beruntung memiliki Kapolda seperti beliau,” kata Karman, sembari berharap sosok M Iqbal tetap menjadi sosok yang menyenangkan serta tetap mencintai masyarakat NTB dan Indonesia. (LS)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Kini Giliran PDIP Kaltara Laporkan Hersubeno Terkait Penyebar Konten Hoaks Megawati Meninggal Dunia

Diterbitkan

Pada

Penulis

Kini Giliran PDIP Kaltara Laporkan Hersubeno Terkait Penyebar Konten Hoaks Megawati Meninggal Dunia
Baca Berita

Daerah

Kebijakan Ganjil Genap di DIY akan Diberlakukan Menuju Objek Wisata

Diterbitkan

Pada

Penulis

Kebijakan Ganjil Genap di DIY akan Diberlakukan Menuju Objek Wisata
Baca Berita

Daerah

Sebanyak 2 Ribu Benih Lobster akan Diselundupkan, Beruntung Berhasil Digagalkan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Sebanyak 2 Ribu Benih Lobster akan Diselundupkan, Beruntung Berhasil Digagalkan
Baca Berita
Loading...