Selasa Nanti, Ribuan Buruh Bakal Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

  • Bagikan
putusan
Presiden Partai Buruh Said Iqbal //NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengumumkan ribuan buruh akan turun ke jalan untuk menggelar aksi solidaritas bagi Palestina dalam konflik Israel di Jalur Gaza. Aksi solidaritas digelar di sejumlah lokasi pada Selasa, 18 Mei 2021 nanti.

“Ribuan buruh akan turun ke jalan, serempak 18 Mei 2021, pukul 09.00 sampai selesai sesuai arahan petugas keamanan di 24 provinsi yang tercatat,” ungkap Presiden KSPI Said Iqbal saat konferensi pers virtual, Minggu (16/5/2021).

Said mengatakan aksi solidaritas akan dilakukan oleh buruh di 24 provinsi dan sekitar 300 kabupaten/kota di Indonesia.

Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, NTB, Maluku, Maluku Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan lainnya.

Rencananya, mereka akan menggelar aksi di depan Kantor PBB dan Duta Besar Amerika Serikat di Jakarta dan kantor gubernur, bupati, wali kota, hingga DPRD di daerah masing-masing.

“Aksi akan dilakukan dengan cara damai dan santun, serta wajib mengikuti protokol kesehatan seperti aksi-aksi sebelumnya, termasuk May Day, dengan rapid antigen, menjaga jarak, pakai masker, membawa handsanitizer, dan lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut Said mengatakan para buruh mengecam dan mengutuk keras agresi militer Israel di Gaza kepada masyarakat dan bangsa Palestina.

“Kami mengutuk dan mengecam keras kekerasan yang dilakukan di bulan ramadan oleh tentara dan polisi Israel terhadap masyarakat sipil,” katanya.

Serangan udara dari Israel di Gaza terjadi mulai Senin (10/5/2021). Secara total, serangan itu telah menewaskan 145 orang termasuk 41 anak-anak dan melukai 1.100 orang lainnya.[prs]

  • Bagikan