Sejumlah Ibu Kota Distrik di Mimika Segera Dialiri Listrik

  • Bagikan
Sejumlah Ibu Kota Distrik di Mimika Segera Dialiri Listrik
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika, Papua, segera meresmikan program listrik desa di beberapa ibu kota distrik (kecamatan) dan kampung di wilayah pesisir dan pedalaman Kabupaten Mimika.

Manajer PLN UP3 Timika Marthinus Irianto Pasensi di Timika, Sabtu (15/5/2021), mengatakan proyek listrik desa (lisdes) yang siap untuk diresmikan yaitu Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh, Amar dan Ipaya, Distrik Amar serta Distrik Agimuga.

“Tahun ini yang siap untuk kami resmikan yaitu Potowayburu, Amar, dan Ipaya menggunakan tenaga matahari atau PLTS, sementara Agimuga menggunakan PLTD. Untuk Agimuga ini memang merupakan pekerjaan rumah yang sudah tertunda sekian lama sehingga harus kami tuntaskan tahun ini juga,” katanya.

Menurut dia, jajarannya sudah menggelar rapat koordinasi dengan Kepala Distrik Agimuga dan aparat kampung di wilayah itu untuk segera mengoperasikan PLTD Agimuga berkapasitas 100 kW terkait penyambungan baru ke rumah-rumah penduduk yang ada di Kampung Aramsolki, Amungun, Kiliarma dan kampung-kampung lain yag baru dimekarkan dari tiga kampung induk itu.

“Kami sudah sepakat dan agendakan untuk pengoperasian PLTD Agimuga akan dilakukan bulan Juni atau paling lambat awal Juli,” jelasnya.

Manajer Site PLN Tarakan Wilayah Timika Eka Sri Widiastuti yang bertanggung jawab terhadap program lisdes mengatakan jajarannya siap merekrut para tenaga operator baik PLTS maupun PLTD yang akan ditugaskan di beberapa ibu kota distrik dan kampung yang terbangun jaringan PLN dan sudah siap dioperasikan.

Saat ini, PLN Tarakan Wilayah Timika telah merekrut 16 tenaga operator untuk mengoperasikan PLTS di Aikawapuka, Keakwa Lama, Keakwa Baru, dan Fakafuku. Sementara operator PLTD Kokonao hingga kini masih dilakukan Pemkab Mimika. (ndi/ant)

  • Bagikan
Loading...