Quartararo Akui Takut Hujan Turun di MotoGP Prancis

Fabio Quartararo

Realitarakyat.com – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo takut hujan turun di MotoGP Prancis karena ia tak percaya diri di lintasan basah sirkuit Le Mans.

Quartararo punya peluang untuk meraih hasil bagus di MotoGP Prancis seiring keberhasilannya mendapat pole position. Namun Quartararo tidak percaya diri andai balapan berlangsung dalam kondisi lintasan basah.

“Saya memulai balapan di pole, namun bila lintasan basah saya tidak yakin bisa bertahan di posisi tersebut untuk waktu yang lama.”

“Fakta bahwa saya sejatinya merasa tampil baik di lintasan basah dan tak berpikir bahwa saya lambat, namun kemudian ketika melihat saya ada di papan bawah klasemen (latihan bebas), sungguh tidak bisa diterima,” kata Quartararo seperti dikutip dari GPOne.

Quartararo mengakui bahwa ia tak sepenuhnya menyadari bisa mencatat waktu terbaik di kualifikasi lantaran performa yang kurang meyakinkan di saat latihan bebas sebelumnya.

“Saya merasa gugup (saat kualifikasi). Saya memulai dengan ban basah dan kemudian saya melihat kondisi aspal mengering.”

“Di lap terakhir, saya memacu batas maksimal saya, bahkan saya mengambil risiko kecelakaan di tikungan 11. Barulah di parc femme saya menyadari berhasil mendapat pole,” ucap Quartararo.

Quartararo sendiri baru saja menjalani operasi arm pump. Cedera arm pump ini yang menghambat penampilan Quartararo di MotoGP Spanyol. Posisi Quartararo melorot dari posisi pertama ke peringkat ke-13 dalam 10 lap terakhir lantaran cedera tersebut.

Quartararo saat ini ada di posisi kedua klasemen MotoGP 2021 dengan nilai 64 poin, tertinggal dua angka dari Pecco Bagnaia yang jadi pemuncak klasemen.[prs]