Puluhan Ormas dan OKP di Dairi Nyatakan Dukungan atas Kehadiran PT DPM

  • Bagikan
Puluhan Ormas dan OKP di Dairi Nyatakan Dukungan atas Kehadiran PT DPM
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sedikitnya 26 Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Kabupaten Dairi yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi memberikan dukungan atas kehadiran PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang akan beroperasi.

Pernyataan sikap dan dukungan ini disampaikan karena kehadiran PT DPM akan memberikan kontribusi yang nyata untuk kemajuan wilayah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi.

Dukungan dan pernyataan sikap ini merupakan hasil dari pertemuan para Ketua dan Perwakilan tiap-tiap lembaga Ormas dan OKP yang hadir dalam acara yang yang digelar oleh Forum Lintas Ormas dan OKP dalam menyikapi kehadiran PT DPM di wilayah kabupaten Dairi.

Salah satu Ketua OKP dari Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Dairi yang hadir dalam pertemuan Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi, Halim Lumban Batu salah satu inisiator pertemuan puluhan Ormas dan OKP Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk kepedulian dari tiap-tiap Ormas dan OKP dalam menyikapi isu yang belakangan berkembang ditengah masyarakat Dairi.

Menurutnya, Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi yang menggelar pertemuan pada hari ini, Rabu (26/05/2021) mengharapkan kehadiran PT.Dairi Prima Mineral akan memberikan dampak Positif kepada pembangunan Kabupaten Dairi, juga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi, bukan malah sebaliknya menjadi hal yang menakutkan bagi Masyarakat Kabupaten Dairi.

“Kami yang tergabung di dalam Forum Lintas Ormas dan OKP se Kabupaten Dairi merasa perlu dan terpanggil untuk ikut menyikapi akan beroperasinya PT. Dairi Prima Mineral di tanah kelahiran kami Kabupaten Dairi, sehingga kami menginisiasi pertemuan untuk membahas agar kehadiran PT DPM di Dairi agar memberi manfaat besar bagi masyarakat dan wilayah Dairi,.” ujar Halim usai menggelar pertemuan yang dilaksanakan pada, Rabu (26/05/2021).

Ketua Lembaga Kebudayaan Pakpak (LKP) Raja Umar Ujung yang juga menjadi inisiator pertemuan Forum Lintas ORMAS dan OKP Kabupaten Dairi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa dari hasil pertemuan yang digelar ada 10 poin yang menjadi kesepakatan bersama sebagai rekomendasi dan bentuk dukungan atas kehadiran PT DPM yang harus dipenuhi dan diperhatikan oleh PT DPM.

Yakni, memperhatikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten dairi dalam berbagai sektor, antara lain Sektor Pendidikan; Sektor Kesehatan; Sektor Pertanian ; Sektor Tenaga Kerja; Sektor Kemandirian Ekonomi; Sektor Sosial Budaya; Partisipasi Publik; Kelembagaan Lokal; Infrastruktur / Prasarana Publik; termasuk memperhatikan; Pembinaan Lembaga Organisasi Masyarakat,Organisasi Kebudayaan, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Sosial yang berada di Kabupaten Dairi.

“Ini menjadi pernyataan sikap bersama kami dari Ormas dan OKP yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP se Dairi dalam Mendukung Kehadiran serta Beroperasinya PT.Dairi Prima Mineral (PT DPM), di Kabupaten Dairi,” terang Raja Umar Ujung.

Senada dengan hal tersebut, Saut Ujung, Ketua Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Dairi yang juga menjadi inisiator dalam pertemuan itu menyampaikan pihaknya yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi tentunya mengharapkan kehadiran PT.Dairi Prima Mineral akan memberikan dampak positif kepada pembangunan Kabupaten Dairi, juga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi, bukan malah sebaliknya menjadi hal yang menakutkan bagi Masyarakat Kabupaten Dairi.

“Selain bentuk dukungan, kami Forum Lintas Ormas dan OKP perlu menyampaikan kepada semua unsur yang ada di Kabupaten Dairi terkait keberadaan PT.Dairi Prima Mineral agar bersama-sama mengawal segala aktifitas yang akan dilakukan tentunya dengan memperhatikan hak-hak masyarakat sebagai warga negara dan mengedepankan nilai – nilai budaya dan kemanusiaan,” imbuh Saut Ujung.

Jetun Tampubolon, Ketua Karang Taruna Kabupaten Dairi yang juga termasuk sebagai inisiator pertemuan puluhan ormas dan OKP se-Dairi yang tergabung dalam Lintas Kabupaten Dairi menyampaikan bahwa selain Ormas dan OKP yang hadir pada hari ini yang diwakili oleh Ketua dari masing-masing Ormas dan OKP yang telah membubuhkan tanda tangan dukungan sebagai bentuk pernyataan sikap, ada puluhan Ormas dan OKP lainnya yang sudah menyatakan diri akan bergabung untuk memberikan dukungan sebagaimana yang dihasilkan pada pertemuan kali ini.

“Dukungan dari Ormas dan OKP lainnya terus mengalir dan menyatakan diri akan bergabung bersama kita. Kita berharap dukungan ini dapat memberikan dampak yang baik agar perusahaan PT DPM nantinya saat beroperasi bisa memenuhi dan memperhatikan kemajuan Dairi dan kesejahteraan masyarakat Dairi,” pungkas Jetun.(Es)

  • Bagikan
Loading...