Polisi Putar Balik 2.359 Kendaraan di Perbatasan Bekasi-Karawang

Realitarakyat.com – Polri melakukan penyekatan mudik 2021 di sejumlah lokasi, salah satunya di perbatasan Bekasi-Karawang.

Dalam penyekatan tersebut, sebanyak 2.359 kendaraan yang diputar balik oleh polisi di pos penyekatan Jalan Kedung Gede, Bekasi, Jawa Barat.

Sejak semalam pukul 20.00 WIB Kamis (6/5/2021) hingga pukul 08.00 WIB hari ini, Jumat (7/5/2021), ada sebanyak 1.318 unit kendaraan roda empat dan 1.041 kendaraan roda dua yang diputar balik.

“Mulai semalam, kita sesuai dengan perintah Bapak Kapolres, ya semua kita balik-balikin aja, baik motor maupun mobil. Kalau semalam itu sampai pagi kendaraan roda empat ya, yang pribadi kita kembalikan 1.318, kalau untuk roda dua 1.041,” kata Kapospam Polres Metro Bekasi AKP Albarzani.

Albarzani menyebut jumlah pemudik biasanya melonjak sekitar pukul 18.30 WIB karena jam-jam tersebut disenggangkan dengan berbuka puasa.

“(Lonjakan terjadi) habis Magrib. Kalau sekarang masih landai nih, kan sepi. Nanti habis Magrib, pas istirahat baru mereka lewat lagi,” katanya.

Terkait mudik lokal di kawasan aglomerasi, Albarzani mengaku belum ada ketentuan seperti itu, tetapi kepolisian terus melakukan penyekatan demi menekan angka penyebaran COVID-19 akibat mudik. Menurutnya, hal itu sedikit menyusahkan para pekerja yang melintas ke kabupaten. Dia mengutamakan sisi humanis dan menghindari kekerasan saat pelaksanaan penyekatan.

“Tapi kan ini pos dibuka tanggal 6 jam 00.00 WIB, belum berlaku hal yang seperti itu. Cuma kalau dari Polres kita melakukan terus penyekatan. Kalau ada Karawang kerja di Cikarang, terus pulang lagi habis kerja gitu, jadi lintas kabupaten ini sepertinya biasa saja,” ujarnya.

“Ya tetap humanis, kita nggak mau melakukan itu. Pimpinan kita sudah wanti-wanti kita, jangan sampai ada kekerasan, jangan sampai ada kata-kata yang nggak sopan gitu,” tambahnya.

Terpantau kendaraan yang melewati pos penyekatan di jalan ini cukup ramai. Kendaraan yang melintas memang didominasi dengan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua.

Sementara itu, sesuai data yang diterima detikcom, ada 53 motor, 8 mobil pribadi, 5 mobil travel yang diputar balik. Data tersebut tercatat sejak 08.30 WIB hingga 11.30 WIB.

Hingga kini, polisi terus berupaya melakukan penyekatan dengan memeriksa SIKM (surat izin keluar masuk) maupun surat dinas dari para pengendara. Ada beberapa juga bus dan truk yang diperiksa hingga ke dalam guna menghindari lolosnya para pemudik.

Disediakan juga pos kesehatan untuk melakukan swab antigen di pos penyekatan ini secara gratis. Tak lupa, para Polwan juga membagikan masker untuk para pengendara yang lewat.[prs]