Personel Dispenal Asah Kemampuan Gunakan Underwater Camera

Realitarakyat.com – Personel Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) maupun Dinas Penerangan Koarmad I dan II serta Korps Marinir (Kormar) diberi pelatihan pembekalan mengoperasikan Underwater Camera (kamera bawah air) di Tulamben, Karangasem Bali, Sabtu (29/5/2021).

Pelatihan tersebut kerjasama Dispenal dengan Scuba School International (SSI). Tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit penerangan TNI AL khususnya dalam dokumentasi kegiatan bawah air.

Pelatihan penggunaan kamera bawah air yang dilaksanakan selama tiga hari ini (28 s/d 30 Mei 2021) dengan materi yang diajarkan yakni pengenalan selam dasar, pengenalan penggunaan dan perawatan kamera bawah air yang benar.

Menurut Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, bahwa pembekalan dan pelatihan dalam mengoperasikan kamera bawah air langsung dari para ahli yang profesionalisme.

“Kesempatan yang jarang dan langka ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memahami peralatan tersebut secara detail.”kata Julius, saat membuka pelatihan dan pembekalan tersebut.

Pada kesempatan ini, Kadispenal juga berpesan kepada para peserta pelatihan setelah paham dan mampu mengoperasikannya kamera bawah air tersebut, supaya setelah kembali ke kesatuan supaya ditularkan ke rekan-rekannya. “Kemampuan dan ketrampilan penguasaan kamera bawah air sangat langka, maka perhatikan instruktur dengan baik dan tanya apabila belum paham, setelah kamu kuasai saya harap bisa ditularkan ilmunya ke rekan-rekan di kesatuannya masing-masing,” ujar Kadispenal.

Pelatihan operasional kemera bawah air ini juga sekaligus uji fungsi pengadaan kamera bawah air yang terbaik saat ini. Pelaksanaan uji fungsi langsung di lapangan dengan mendokumentasikan kegiatan obyek penanaman terumbu karang di laut Tulamben. (ndi)