Penyekatan Mudik dengan Tank TNI Ternyata Hoaks

  • Bagikan
Penyekatan Mudik dengan Tank TNI Ternyata Hoaks
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Beredar di media sosial sebuah video yang menyatakan jika penyekatan larangan mudik mengunakan Tank milik TNI.

Video berdurasi 30 detik tersebut, memang terlihat ada sebuah tank berjalan dengan sejumlah anggota TNI yang berusaha memberhentikan semua kendaraan yang ingin lewat. Dan hal tersebut diduga terjadi di jalan perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Bekasi.

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata informasi penyekatan arus mudik dengan tank tersebut adalah hoaks atau tidak benar.

Dalam keterangan resminya kepada media, Kapendam Jaya mengatakan bahwa tank tersebut diturunkan untuk melaksanakan latihan Taktis.

Kegiatan Latihan tersebut dilaksanakan pada Kamis 6 Mei 2021 oleh Satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih. Lokasi latihan bertempat di Tanah Lapangan bekas Pabrik Kecap di Jalan Raya Narogong Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

Kegiatan pengamanan rute seluruh tim pengamanan melaksanakan penghambatan lalulintas untuk mengamankan kendaraan yang sedang melintas.

Kesimpulan

Klaim TNI mengerahkan tank untuk menyekat para pemudik adalah salah. Faktanya, tank tersebut dalam rangka latihan rutin yang dilakukan oleh satuan onarmed-7/105 GS/Biringgalih.

Referensi

Siaran Pers Kapendam Jaya.(Din)

  • Bagikan