Connect with us

Luar Negeri

Pemerintah Jepang Izinkan Imigran Myanmar Perpanjang Izin Tinggal

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Akibat Kudeta Myanmar yang sampai saat ini belum juga usai, Pemerintah Jepang mengizinkan imigran Myanmar memperpanjang masa tinggal hingga enam bulan sejak kedaluwarsa.

Bahkan izin tersebut juga berlaku bagi mereka yang bekerja di negara tersebut.

“Kami akan secara fleksibel menanggapi situasi dengan sepenuhnya mempertimbangkan keadaan masing-masing warga asing di sini,” kata Kehakiman Jepang, Yoko Kamikawa kepada media dilansir dari Kyodo, Sabtu (29/5/2021).

Kamikawa mengatakan, keputusan ini diambil sesuai dengan kebijakan darurat yang diterapkan pemerintah Jepang untuk menanggapi kudeta yang berlangsung di Myanmar.

Bahkan, pemerintah Jepang kemungkian akann memperpanjang kebijakan darurat tersebut jika situasi di Myanmar tidak kunjung membaik dalam enam bulan ke depan.

Sementara, Badan Layanan Imigrasi Jepang per akhir 2020, sebanyak 35.049 warga Myanmar tinggal di Jepang. Sebanyak 13.963 warga Myanmar tersebut merupakan pekerja magang teknis di bawah program yang disponsori pemerintah Jepang.

Saat ini, Badan Imigrasi Jepang mengizinkan imigran Myanmar yang ingin memperpanjang masa tinggal untuk mengalihkan status mereka menjadi warga asing yang diizinkan melakukan “sejumlah kegiatan yang ditentukan.”

Status itu akan diberikan pemerintah Jepang sesuai dengan keadaan masing-masing individu.

Nantinya, kebijakan darurat ini tidak berlaku hanya bagi imigran Myanmar yang sudah berada di Jepang, tapi juga warga Myanmar yang mencari status pengungsi di Jepang.(Ilm)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

ASEAN Undang Myanmar namun Kecualikan Pemimpin Militernya dari KTT

Diterbitkan

Pada

Penulis

Baca Berita

Luar Negeri

Digantikan Tokoh Non-Politik, ASEAN Sepakat Tak Undang Pemimpin Junta Myanmar di KTT

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Ekonomi

Akibat Krisis Chip, Penjualan Mobil Eropa Anjlok 25 Persen

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita
Loading...