1

PDIP Buka Suara Soal Syarat Capres yang Akan Diusung PDIP di 2024 Mendatang, Ini Ini Tiga Kriterianya

Realitarakyat.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai memanaskan mesin politik menjelang Pilpres 2024. PDI Perjuangan telah menentukan tiga kriteria untuk menentukan siapa yang akan diusung ke depannya.

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto, kemenangan PDI Perjuangan pada Pilpres 2024 merupakan target mutlak yang mesti diraih. Pada hakikatnya, salah satu tujuan parpol adalah merebut kekuasaan secara konstitusional. Baca juga: Puan Maharani Minta Seluruh Kader PDIP Solid dan Kompak dalam Satu Barisan

Namun, siapa yang akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilpres 2024, belum ada nama. “Setiap orang boleh mengeluarkan teorinya. Tapi setidaknya ada teori yang valid dan firm yang menyatakan bahwa memilih seorang pemimpin nomor satu adalah cek track recordnya,” kata Bambang Wuryanto pada acara Pembukaan Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya oleh Ketua DPR Puan Maharani di Kantor DPD PDIP Jateng, Sabtu (22/5/2021).

Dalam acara itu, hadir Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani; Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Kusriyanto; Bendahara Agustina Wilujeng, Kepala Daerah di Jateng dari PDI Perjuangan, anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, DPRD Jateng dan 35 kabupaten/kota di Jateng.

Selanjutnya, Bambang Wuryanto yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng ini menyebut tiga kriteria pemimpin yang patut diusung nantinya. Tiga kriteria itu diketahui setelah dilakukan penelusuran rekam jejak pada yang bersangkutan.

“Dari penelusuran rekam jejak, akan diketahui tiga hal. Karakternya, kompetensinya dan kapasitasnya,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini. Menurutnya, tiga hal ini harus dimiliki calon pemimpin yang akan diusung PDI Perjuangan. Nilai dari tiga kriteria ini pun mesti bagus.(Ilm)