Pasar Induk Renteng Lombok Tengah, Mulai Beroperasi Pedagang Bersyukur

Realitarakyat.com – Kunci kios pasar tradisional Renteng, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah NTB, di terima pedaggang. Pasar yang menelan anggaran miliaran yang bersumber dari keuangan Kementerian PUPR itu akan mulai difungsikan Minggu depan.

“Relokasi pedagang akan dimulai hari Senin tanggal 1 Juli 2021. Semoga pasar ini bermanfaat bagi masyarakat Loteng,” ujar Bupati Lombok Tengah,  H Lalu Pathul Bahri saat menghadiri acara tasyukuran penempatan kembali pedagang Pasar Renteng, Jumat (28/5).

Dalam kesempatan itu, Pathul menekakan kepada semua Dinas terkait untuk bagaimana kawasan di depan maupun di samping pasar renteng itu untuk ditata. Sehingga tidak terlihat kumuh seperti saat ini, Pemerintah Daerah telah mengalokasikan anggaran Rp 1,2 Miliar untuk penembokan keliling Pasar Renteng. “Tolong dipikirkan bagaiman kawasan ini terlihat asri dan hijau,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Loteng, Lalu Firman Wijaya mengatakan, pembangunan Pasar Renteng pasca terbakar Tahun 2018 mulai dikerjakan pada Tahun 2019 dan Tahun 2021 pembangunannya telah tuntas 100 persen. “Allhamdulilah pasar ini mulai difungsikan,” ujarnya

Pasar Renteng tersebut dibangun di lahan seluas 42000 are dan bisa menampung pendagang sebanyak 1749 orang, baik itu los kering, los basah dan kios. Konsep bangunannya adalah Green Building pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Sehingga para pengunjung maupun pedagang tetap nyaman berbelanja di pasar tersebut.

“Konstruksi pasar ini juga tahan gempa. Semoga kedepan pasar ini tetap bersih dan tidak becek setelah difungsikan. Untuk fasilitas pendukung seperti tembok, tempat parkir dan taman itu mulai dikerjakan pada Tahun ini,” pungkasnya. (LS)