MotoGP Italia: Mengaku Sulit Berada di Barisan Depan, Marquez Sadar Akan Keterbatasan Fisiknya

Marc Marquez

Realitarakyat.com – MotoGP Italia bakal dilangsungkan di Sirkuit Mugello, Italia, pada 28-30 Mei 2021. Bagi Marc Marquez, balapan di Italia menjadi yang ketiga setelah dirinya pulih dari cedera patah tulang kanan.

Karenanya, dia merasa tidak yakin bisa bersaing di barisan depan apabila balapan MotoGP Italia 2021 berlangsung dalam kondisi kering.

Dari tiga balapan MotoGP 2021 yang dijalaninya, Marquez menorehkan hasil yang cukup lumayan. Yakni, dua kali finis di posisi 10 besar dan hanya satu kali gagal menyelesaikan balapan.

Marquez gagal finis pada seri kelima Kejuaraan Dunia musim ini alias MotoGP Perancis, di Sirkuit Le Mans, 16 Mei lalu.

Meski tak bisa menyelesaikan balapan, pebalap 28 tahun itu sempat menduduki posisi terdepan sebelum mengalami dua kali kecelakaan.

Setelah merampungkan balapan di Le Mans, Marquez akan mengikuti rangkaian MotoGP Italia 2021 akhir pekan ini.

Marquez mengaku dirinya akan berusaha menemukan ritme terbaik sejak hari pertama MotoGP Italia, meski ia tahu kondisi fisiknya terbatas.

Namun, Marquez tidak yakin dirinya bisa bersaing di barisan depan, apalagi jika race MotoGP Italia berlangsung dalam kondisi kering.

“Saya memiliki minggu yang baik untuk melanjutkan proses pemulihan dan kami menunjukkan potensi kami di Perancis,” ucap Marquez, seperti dikutip dari GPOne, Rabu (26/5/2021).

“Pada akhir pekan ini di Mugello, kami harus bekerja dengan baik mulai Jumat pagi untuk mencoba konsisten dan menemukan kecepatan yang baik,” imbuhnya.

“Saya memahami keterbatasan fisik saya dan tahu bahwa tidak akan menjadi akhir pekan yang mudah untuk menjadi yang terdepan apabila balapan berlangsung dalam kondisi kering,” tutur Marquez.

MotoGP Italia 2021 menjadi tantangan bagi Marquez. Peraih enam gelar juara di kelas premier itu mesti menjaga kondisi fisiknya.

Pasalnya, tidak ada jeda panjang setelah membalap di Mugello. Marquez akan beraksi pada MotoGP Catalunya satu pekan kemudian (4-6 Juni 2021).

“Sekarang kita sampai pada dua balapan berturut-turut, yang merupakan yang pertama bagi saya tahun ini,” kata Marquez.

“Ini akan lebih menuntut secara fisik, tapi kami bisa mengatasinya,” ujarnya. (ndi)