MotoGP 2021, Joan Mir Tak Khawatirkan Peluang Pertahankan Gelar Juara

Joan Mir

Realitarakyat.com – Catatan nol kemenangan pada awal musim balap 2021 tak membuat Joan Mir khawatir dengan peluangnya mempertahankan gelar juara MotoGP.

Joan Mir (Suzuki Ecstar) datang ke MotoGP 2021 dengan status juara bertahan, tetapi dia belum terlihat menonjol pada awal musim.

Dari empat balapan yang telah dilakoni musim ini, pencapaian terbaik Mir adalah finis ketiga pada MotoGP Portugal, yang merupakan seri balap ketiga musim ini.

Sementara itu, pada akhir pekan lalu, pebalap asal Spanyol itu gagal naik podium pada MotoGP Spanyol. Dia hanya selesai di urutan kelima.

Beruntung bagi Mir, belum ada pebalap yang benar-benar mendominasi di MotoGP 2021 sejauh ini.

Mir sekarang duduk di peringkat keempat klasemen MotoGP dengan koleksi 49 poin. Dia terpaut tidak terlalu jauh, yakni 17 poin, dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang memimpin klasemen.

Mir pun tak terlalu khawatir dengan peluangnya mempertahankan gelar juara MotoGP, meski masih nirkemenangan sejauh ini.

“Saya sama sekali tidak khawatir tentang gelar, karena saya tidak melihat (poin) secara keseluruhan,” kata Mir, seperti dikutip dari Motorsport, Rabu (5/5/2021).

“Sekarang saya memberikan 100 persen di setiap balapan, mendapatkan poin maksimum setiap Minggu, kami melihat pembalap lebih kuat dari kami,” imbuhnya.

Pebalap 23 tahun itu sudah mengira bahwa kompetisi musim ini lebih sulit dibanding sebelumnya.

Maka dari itu, dia sekarang lebih fokus dengan hasil dari satu balapan ke balapan lainnya.

“Saya mengharapkan awal musim seperti ini, bahkan lebih sulit,” kata rekan setim Alex Rins itu.

“Saya pikir kami melakukannya dengan baik, tujuannya adalah untuk memberikan 100 persen di setiap balapan,” imbuhnya.

“Di Qatar saya berjuang untuk podium, di Portimao kami naik podium, saya pikir saya mengalami musim yang baik. Apa yang diharapkan dari kami, untuk memenangkan segalanya?” ucap Mir.

Setelah ini, Joan Mir akan membalap di Sirkuit Le Mans untuk mengikuti rangkaian seri kelima Kejuaraan Dunia 2021, MotoGP Perancis yang dijadwalkan bergulir pada 14 hingga 16 Mei mendatang. (ndi)