Legislator PKS Miris KPK-KemenPAN-RB Saling Lempar Tanggung Jawab Soal Nasib 75 Pegawai Tak Lolos TKW

  • Bagikan
Legislator PKS Miris KPK-KemenPAN-RB Saling Lempar Tanggung Jawab Soal Nasib 75 Pegawai Tak Lolos TKW
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Saling lempar tanggung jawab antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian PAN-RB, Tjahjo Kumolo terkait 75 pegawai yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TKW) menuai kritik dari kalangan dewan.

Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera miris melihat aksi saling lempar tanggung jawab yang dilakukan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri dan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo.

“Miris ketika melihat KPK dan KemenPAN-RB saling lempar tanggung jawab nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos seleksi PNS,” tulis dia dalam akun Instagram pribadinya, @MardaniAliSera, Jumat (7/5/2021).

Politisi PKS ini menyarankan, Firli dan Tjahjo bisa duduk bareng ketimbang saling melempar tanggung jawab.

“KPK mesti duduk bareng bersama Kemenpan RB untuk menjelaskan duduk persoalan, termasuk TWK. Apa maksud dan tujuannya,” saran Mardani Ali Sera.

Dia juga menyoroti maslah soal-soal yang dianggap tidak masuk akal oleh masyarakat.

“Plus termasuk ada pertanyaan2 yang tidak standar dan tricky (baca: jebakan). Semua tidak boleh lempar tangan, harus bertanggung jawab,” sambung Mardani Ali Sera.

Sebagai oposisi, masih kata dia, PKS sangat menginginkan dan berkepentingan untuk membuat KPK tetap menjadi lembaga yang kuat. Hal itu penting agar lembaga anti rasuah tetap menjadi pengawas dan penyelamat anggaran rakyat.

“Untuk publik, mari kita kawal dan awasi dengan ketat beragam upaya pelemahan sistematis pada KPK. Institusi yang sudah mampu memerangi korupsi selama ini,” demikian tulis Mardani Ali Sera.[prs]

  • Bagikan
Loading...