Connect with us

Kesehatan

Kemenaker dan Kemenkes Adakan Vaksinasi Seribu Buruh

Diterbitkan

Pada

image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan mengadakan program vaksinasi bagi 1.000 pekerja/buruh di Kantor Kemnaker, Jakarta. Pelaksanaan vaksinasi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day Tahun 2021.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan program pemberian vaksinasi ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk memutus rantai penularan COVID-19. Selain itu, vaksinasi ini juga dimaksudkan untuk memberi perlindungan kesehatan, keselamatan, dan keamanan kepada kita semua, khususnya pekerja/buruh untuk dapat bekerja dan beraktivitas secara normal.

“Program ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam melindungi kesehatan para pekerja/buruh, sehingga dapat bekerja dengan baik,” kata Ida dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Kendati telah divaksin, Ida pun mengingatkan pekerja/buruh agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja. Sebab dalam sepekan terakhir ini kasus COVID-19 di sejumlah daerah melonjak. Menurutnya, hal ini dapat memperlambat pemulihan ekonomi.

Meski begitu, Ida menyampaikan pemerintah tetap optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan kembali ke zona positif, yaitu di kisaran 4,5% hingga 5,3%

Lebih lanjut Ida menjelaskan pemerintah melalui Kemnaker sudah dan sedang meluncurkan berbagai program pengungkit ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh. Adapun upaya yang dilakukan pihaknya untuk mewujudkan hal tersebut, antara lain melalui subsidi gaji/upah, Kartu Prakerja, bantuan produktif usaha mikro, padat karya, pelatihan vokasi, pemagangan di industri, pelatihan peningkatan produktivitas, sertifikasi kompetensi, pelatihan wirausaha baru, inkubasi bisnis, penempatan tenaga kerja dalam negeri, penempatan tenaga kerja luar negeri, dan gerakan pekerja sehat.

Selain itu, lanjut Ida, ada juga kebijakan pemberian THR Keagamaan kepada para pekerja/buruh. Ia menyebutkan kebijakan ini diberikan untuk menggerakkan konsumsi masyarakat yang pada akhirnya berdampak baik bagi kinerja perusahaan.

Sementara itu, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan peran kementerian dan lembaga sangat penting dalam mempercepat proses vaksinasi COVID-19. Pasalnya, pihaknya menargetkan 181,5 juta rakyat Indonesia di atas usia 18 tahun sudah divaksin pada tahun ini.

“Target kita sampai bulan Juni untuk tenaga kesehatan (nakes), lanjut usia (lansia), dan pelayan publik ada 40 juta sampai bulan Juni harus kita tuntaskan,” kata Maxi.

“Oleh karena itu peran dari kementerian dan lembaga sangat-sangat dibutuhkan. Kementerian Kesehatan tidak mampu bekerja sendirian,” imbuhnya.

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri, pun menambahkan kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mengendalikan laju penularan COVID-19, khususnya pada klaster pekerja/buruh.

ia menjelaskan vaksinasi COVID-19 untuk 1.000 pekerja/buruh ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu pada tanggal 1, 4, dan 5 Mei 2021. Secara lebih rinci, kata Putri, pada Sabtu (1/5 dilakukan vaksinasi kepada 200 pekerja di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur, yang didukung oleh KADIN DKI Jakarta. Sementara hari ini vaksinasi sebanyak 500 vaksin diberikan pada pekerja/buruh yang merupakan perwakilan KSPSI, KSBSI, KSARBUMUSI, KPI, CPMI, dan Pekerja Perfilman.

Putri melanjutkan, pada 5 Mei 2021 akan ada 300 vaksin yang diberikan pada pekerja/buruh. Adapun penerima vaksin merupakan perwakilan (K) SBSI, FSP BUN, FSP KAHUTINDO, Pekerja Pertanian, Forum Komunikasi Karyawan Hotel dan Restoran, dan para Pekerja Pemagangan.

“Para pekerja yang divaksin ini merupakan representasi dari berbagai sektor usaha, yaitu manufaktur, pertanian, perfilman, pelaut, perhotelan, pekerja bangunan, Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), dan calon peserta pemagangan ke luar negeri,” ungkap Putri.[prs]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

Jumlah Penerima Vaksin COVID-19 Dosis Kedua di Indonesia Capai 49,6 Juta Orang

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Kesehatan

India Izinkan Uji Coba Vaksin Novavax untuk Anak Usia 7-11 Tahun

Diterbitkan

Pada

Penulis

ilustrasi (ist/net)
Baca Berita

Kesehatan

Dinilai Berisiko Tulari Anak-anak, Menko PMK Khawatirkan Tingginya Kasus TBC di Indonesia

Diterbitkan

Pada

Penulis

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (ist/net)
Baca Berita
Loading...