Izin Liga 1 Belum Keluar, LIB Tunggu Respon Menpora

  • Bagikan
langkah
Menpora Zainudin Amali/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunggu panggilan Menpora Zainudin Amali terkait pelaksanaan Kompetisi Liga 1 2021. Apalagi hingga saat ini izin event sepakbola terbesar Indonesia tersebut belum keluar juga.

Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB) Hadian Lukita mengatakan, izin yang sebelumnya diharapkan didapat pada awal Mei itu nyatanya belum juga dikeluarkan pihak kepolisian. Rencananya Liga 1 akan dimulai pada 3 Juli mendatang.

Izin Liga 1 2021 itu diharapkan keluar pada awal Mei, agar tim-tim peserta bisa segera memulai persiapan, termasuk dalam perekrutan pemain.

“Izin sampai saat ini belum keluar. Prinsipnya kami saat ini dalam posisi stand by termasuk koordinasi ke Kemenpora maupun ke Polisi,” kata Hadian Lukita, Selasa (18/5/2021).

“Kami tinggal tunggu Pak Menteri undang kami untuk rakor membahas izin. Begitu juga ke Mabes Polri, karena laporan penyelenggaraan Piala Menpora kemarin sudah masuk,” ucap Hadian menambahkan.

Saat ini LIB, lanjut Hadian Lukita, belum bisa menerka-nerka kapan izin akan dikeluarkan pihak kepolisian setelah surat permohonan masuk usai rampungnya turnamen pramusim Piala Menpora akhir April lalu.

“Kami juga harus mengerti kondisi lebaran ini konsentrasinya polisi masih sibuk di mudik dan arus balik. Mudah-mudahan minggu ini bisa selesai, izin segera keluar. Kita tunggu saja lah,” terangnya.

Sementara itu, LIB mengajukan dua opsi penyelenggaraan Liga 1 202/2021 yang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Opsi pertama yakni tanpa penonton dan opsi kedua dengan penonton yang dibatasi.

Soal kajian yang diperintahkan Presiden Joko Widodo juga telah dilakukan LIB. Bagian Hadian Lukita untuk kajian awal dalam penyelenggaraan kompetisi dianggap sudah cukup.

“Kalau diminta untuk memperdalam kajian, ya kami akan buat lagi. Nanti kan akan dibahas lagi bersama dengan Kementerian Kesehatan, Polisi, Satgas dan Kemenpora. Kami inginnya minggu-minggu ini [keputusan soal hasil kajian] tapi masih menunggu rakor digelar dulu,” ucap Hadian Lukita.[prs]

  • Bagikan