Gubernur Papua Lukas Enembe Sakit Dilarikan Berobat Ke Singapura

  • Bagikan
Gubernur Papua Lukas Enembe Sakit Dilarikan Berobat Ke Singapura
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur Papua Lukas Enembe saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan bahwa roda pemerintahan di Papua kini dikendalikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda).

Kapuspen Kemendagri Benny Irwan membenarkan bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe masih dalam proses perawatan di Singapura.

“Saat ini masih dalam proses perawatan. Kita doakan, mudah-mudahan beliau segera pulih dan segera dapat kembali melaksanakan tugas seperti sedia kala,” katanya saat dihubungi, Rabu (26/5/2021).

Ditanyakan pemerintahan di Papua, Benny mengatakan saat ini kendali operasionalnya ada di tangan Sekda. Sebab, beberapa hari lalu Wagub Papua Klemen Tinal meninggal dunia.

“Saat ini kendali operasionalisasi jalannya roda pemerintahan daerah provinsi Papua ada di tangan Sekda Provinsi. Tentunya beliau juga tidak jalan sendiri karena selalu bergandengan tangan dengan Forkopimda Provinsi. Ada Kapolda, ada Pangdam, Kejati, Ketua DPRD dan MRP, Ketua Pengadilan, Kabinda, dan pejabat lainnya yang secara sinergis akan bahu-membahu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan,” paparnya.

Benny juga memastikan bahwa Kemendagri menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pembina dan pengawas pemerintah daerah.

“Di samping itu, Kementerian Dalam Negeri juga akan tetap melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan dan pengawasan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang untuk memastikan pemerintahan dan pelayan publik dapat berjalan sebagaimana mestinya,” katanya.(ilm)

  • Bagikan