Golkar Pede Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024

airlangga

Realitarakyat.com – Partai Golkar percaya diri mengusung ketua umum mereka, Airlangga Hartarto, sebagai calon presiden di 2024. Golkar tak berniat menggelar konvensi untuk menjaring tokoh guna dijadikan calon presiden.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan partainya sudah satu suara bakal mengusung Airlangga. Keputusan itu juga telah dikukuhkan pada Musyawarah Nasional Golkar 2019.

“Tidak ada konvensi. Desakan yang meminta Pak Airlangga untuk menjadi capres sudah sangat kuat,” kata Ace pada rilis survei Indikator Politik Indonesia secara daring, Selasa (4/5/2021).

Ace menyebut elektabilitas Airlangga juga mengalami tren positif beberapa waktu terakhir. Dia mengutip hasil survei Indikator yang menyebut elektabilitas Airlangga menembus 1 persen.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu mengakui angka tersebut jauh lebih rendah dari sejumlah nama potensial lainnya. Namun, dia berkata angka itu menunjukkan perkembangan. Elektabilitas Airlangga selama ini berkisar di angka nol koma.

“Ternyata cukup diapresiasi publik meski tidak setinggi capres-capres yang lain. Ini tidak bisa dipisahkan dari apresiasi publik terhadap penanganan Covid-19 yang dipimpin Pak Airlangga,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi juga menyoroti elektabilitas Airlangga. Dia menyebut Airlangga sebagai salah satu sosok yang mengalami perkembangan signifikan.

Burhan memahami elektabilitas Airlangga jauh dari nama-nama lainnya, seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Namun, nama-nama populer saat ini tak mengalami perkembangan signifikan dalam tingkat keterpilihan.

“Jika dilihat lima besarnya, seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, juga Prabowo, trennya tidak bergerak. Stagnan. Ini peluang untuk nama lain. Semua masih punya kesempatan,” ujar Burhan.

Dalam survei Indikator Politik Indonesia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan calon presiden 2024 dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas paling tinggi saat ini. Ganjar memiliki elektabilitas 15,7 persen.

Elektabilitas Ganjar mengungguli sejumlah nama potensial lainnya, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,6 persen dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 11,1 persen.

Beberapa nama lainnya yang terjaring dalam survei itu adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (6,4 persen), Ketua DPR RI puan Maharani (2,9 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,8 persen), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (1 persen).

Survei digelar 13-17 April 2021. Indikator Politik Indonesia melibatkan 1.200 responden yang dipilih lewat simple random sampling. Survei ini memiliki toleransi kesalahan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.[prs]