Connect with us

Headline

Forum Lintas Ormas dan OKP Audiensi ke DPRD, KLHK Diminta Tak Ragu Terbitkan Izin PT DPM

Diterbitkan

Pada

Forum Lintas Ormas dan OKP Audiensi ke DPRD, KLHK Diminta Tak Ragu Terbitkan Izin PT DPM
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Puluhan Ketua dan Perwakilan Lembaga Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi  melakukan audiensi dengan anggota DPRD Kabupaten Dairi di ruang rapat Gedung DPRD Kabupaten Dairi, Senin (31/5).

Audiensi ini merupakan langkah lanjutan yang dilakukan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi atas dukungannya terhadap perusahaan tambang PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang akan beroperasi di wilayah Kabupaten Dairi, agar mendapat dukungan penuh dari pihak dewan DPRD Kabupaten Dairi menjadi komitmen bersama, sehingga poin-poin yang disuarakan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi dapat diwujudkan oleh pihak perusahaan demi kemajuan wilayah Kabupaten Dairi dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Dairi.

Audiensi puluhan Ketua dan perwakilan serta tokoh masyarakat itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD  Sabam Sibarani didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dairi Wan September Situmorang dan Carles Tamba serta dihadiri delapan anggota DPRD lainnya yang terdiri dari berbagai unsur fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Dairi.

Sesi pertama dalam audiensi itu, perwakilan Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi yang diwakili Sekretaris LKP Eben Manik membacakan surat dukungan terhadap PT. DPM di hadapan para Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dairi dengan beberapa komitmen terhadap PT DPM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten Dairi dalam berbagai sektor, diantaranya Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan, Sektor Pertanian, Sektor Tenaga Kerja, Sektor Kemandirian Ekonomi, Sektor Sosial Budaya,  Partisipasi Publik, Kelembagaan Lokal, Infrastruktur / Prasarana Publik dan perhatian dalam Pembinaan Lembaga Organisasi Masyarakat, Organisasi Kebudayaan,  Organisasi Kepemudaan, Organisasi Sosial yang berada di Kabupaten Dairi demi kemajuan wilayah Kabupaten Dairi dan kesejahteraan masyarakat Dairi.

Sebelum mendapat tanggapan dari pimpinan sidang, Saut Ujung selaku Ketua Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Dairi mengatakan bahwa kebijakan dan dukungan yang dilakukan oleh Ormas dan OKP yang tergabung dalam Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Kita semua menginginkan kemaslahatan bagi masyarakat Dairi. Kita semua yang tergabung dari berbagai Ormas dan OKP sepakat mendukung kehadiran PT.DPM dan apabila pihak PT DPM mengingkari apa saja yang menjadi komitmennya terhadap masyarakat Dairi  maka dukungan yang saat ini kami berikan akan gugur dan batal dengan sendirinya,” kata Saut Ujung.

Acara audiensi kemudian dilanjutkan dengan menyerahkan secara simbolis Surat Aspirasi dan bentuk Dukungan terhadap PT DPM kepada pimpinan DPRD Kabupaten Dairi.

Di kesempatan itu, Ketua Lembaga Kebudayaan Pakpak Seluruh Indonesia, Raja Umar Ujung mengatakan kepada pimpinan DPRD yang memimpin jalanya acara audiensi mengatakan agar kiranya pihak dewan DPRD Kabupaten Dairi mengambil langkah-langkah yang tepat serta berharap dukungan dan aspirasi yang disampaikan oleh Forum Lintas Ormas Dan OKP ini secepatnya sampai kepada Pihak PT. DPM.

“Untuk itu, kami  dari Forum Lintas Ormas dan OKP menyatakan sikap mendukung kehadiran serta beroperasinya PT. DPM di Kabupaten Dairi dengan catatan bahwa kehadiran PT.DPM wajib memperhatikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Dairi dalam berbagai sektor sebagaimana yang telah kami sepakati bersama. Serta harapan kami hal dan pesan ini secepatnya disampaikan wakil rakyat kami nantinya kepada pihak PT DPM,” kata Raja Umar Ujung, di ruang sidang paripurna DPRD Dairi.

Sabam Sibarani selaku ketua DPRD sekaligus sebagai Pimpinan Sidang pada acara audiensi Penyampaian Aspirasi dan Dukungan terhadap beroperasinya PT DPM oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi menyampaikan harapannya agar apa yang menjadi aspirasi dan dukungan yang telah disampaikan kepada PT DPM lewat DPRD Kabupaten Dairi segera ditindaklanjuti secepatnya.

Ia juga menyampaikan pihaknya akan segera mengagendakan pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak PT DPM untuk menyuarakan aspirasi yang disampaikan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi.

“Kita akan lakukan RDP dengan pihak PT DPM untuk menyampaikan langsung aspirasi dan dukungan yang telah disampaikan oleh Forum Lintas Ormas dan OKP Kabupaten Dairi,” ujar Sabam.

Sedikit juga diciutkan oleh Sabam Sibarani dalam acara audiensi bersama Forum Lintas Ormas dan OKP bahwa salah satu ciri-ciri daerah yang maju adalah daerah yang memiliki industri dan tambang.

“Kita harus tau bahwa kenapa Dairi sulit untuk berkembang? Ini disebabkan tidak adanya faktor pendukung seperti Industri maupun Tambang. Dan kita ketahui saat ini ada salah satu faktor tersebut yaitu tambang yang akan beroperasi di Dairi. Demi kemajuan Dairi patutnya kita dukung. Namun juga harus kita pikirkan bagaimana masyarakat kedepannya,” pungkas Sabam.(ilm)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Headline

LPPOM MUI Jatim tegaskan pengurusan label halal cukup mudah

Diterbitkan

Pada

Penulis

LPPOM MUI Jatim tegaskan pengurusan label halal cukup mudah
Baca Berita

Headline

Menko Airlangga : Peningkatan COVID-19 Harus Segera Dikendalikan

Diterbitkan

Pada

Penulis

Menko Airlangga : Peningkatan COVID-19 Harus Segera Dikendalikan
Baca Berita

Headline

Raheem Sterling Mengaku Puas Bisa Wujudkan Ambisi Cetak Gol di Wembley

Diterbitkan

Pada

Penulis

Raheem Sterling Mengaku Puas Bisa Wujudkan Ambisi Cetak Gol di Wembley
Baca Berita
Loading...