Dua dari 85 WNA China Masuk Indonesia Positif Covid-19

Realitarakyat.com – Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih mengungkap sejauh ini, ada dua WNA China yang positif Corona masuk RI, dari total 85 orang.

“Data kedatangan dari China menggunakan beberapa penerbangan dengan waktu kedatangan yang berbeda. Dari keseluruhan yang sudah dilakukan swab pertama, terdapat dua orang positif tanpa gejala,” jelas Benget, Jumat (7/4/2021).

Kedua warga negara China tersebut kini tengah menjalani isolasi di salah satu hotel DKI Jakarta. Sampel keduanya juga langsung diambil untuk kemudian mengetahui apakah membawa varian baru Corona Inggris, Afrika Selatan, atau Corona India mutan ganda.

“Sudah diisolasi di hotel Hariston Bandengan di bawah pengawasan tim kesehatan dari Satgas Kemenkes,” tuturnya.

“Semua yang positif Covid-19 dengan CT Value di bawah 20 pasti dilakukan whole genome sequencing,” pungkasnya.

Adapun kedua warga negara tersebut adalah pria. Salah satu pasien terdeteksi positif Corona pada swab pertama berusia 66 tahun, sementara pasien Corona lainnya terdeteksi Covivd-19 di swab kedua berusia 31 tahun.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham menyampaikan kabar masuknya 85 WNA menggunakan pesawat carter pada 4 Mei lalu. Selain itu, ada tiga WNI yang tiba di RI dengan pesawat yang sama.

“Telah mendarat 85 WN China dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen,” ungkap Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).[prs]