Deteksi Kebutuhan Gula Nasional, DPR: Perlu Segera Dibentuk Neraca Komoditas Gula

  • Bagikan
Deteksi Kebutuhan Gula Nasional, DPR: Perlu Segera Dibentuk Neraca Komoditas Gula
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Thohir menyatakan saat ini perlu untuk segera dibentuk neraca komoditas gula yang tepat guna dalam rangka mengetahui secara persis berapa kebutuhan gula nasional.

“Menyusul terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 3 Tahun 2021 yang berdampak pada industri gula di dalam negeri, maka saatnya dibentuk neraca gula untuk mengetahui lebih jauh kebutuhan gula nasional,” kata Achmad Hafisz Thohir, dalam rilisnya, Rabu (12/5/2021).

Menurut Hafisz, Peraturan Menteri Perindustrian tersebut perlu disorot lantaran gula impor akan diberi ruang secara masif masuk pasar lokal.

Hal tersebut, masih menurut dia, dinilai akan memukul kinerja industri gula nasional.

“Membuat neraca gula ini penting sebagai langkah membenahi persoalan yang terjadi dari hulu sampai hilir di sektor gula. Jangan sampai kita seolah-olah membiarkan industri gula tanah air babak belur tak berdaya terhadap gula impor,” katanya.

Untuk itu, ujar dia, DPR diserukan agar menggunakan hak dan kewenangannya untuk mengawasi kebijakan pemerintah di sektor komoditas gula. (ndi)

  • Bagikan