Demokrat Akui Pertemuan AHY dan Anies Kemarin Terlihat Lebih Spesial

Realitarakyat.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono berkunjung ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Partai Demokrat menyebut pertemuan keduanya masih dalam rangkaian safari Ramadan AHY.

Hal tersebut diungkap oleh Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia menyebut pertemuan dengan Anies pada Kamis (6/5) kemarin sama seperti pertemuan AHY dengan gubernur-gubernur provinsi lainnya.

“Pertemuan antara Mas Ketum AHY dan Mas Anies Baswedan kemarin adalah masih dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan Mas Ketum AHY setelah sebelumnya melaksanakan Safari Ramadan di Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, NTT dan NTB. Kemarin adalah giliran Provinsi DKI Jakarta,” kata Kamhar saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Kamhar mengatakan pertemuan itu sebagai silaturahmi antara AHY dan Anies yang akhirnya disebut sebagai nostalgia. Namun demikian, Kamhar menilai pertemuan kemarin memang terlihat lebih spesial.

“Menjadi spesial pertemuannya karena keduanya adalah figur pemimpin muda yang menjadi preferensi publik sebagaimana tercermin pada berbagai hasil survei,” ucap Kamhar.

Kamhar menyebut pertemuan kemarin dengan Anies memang terkesan seperti untuk Pemilu 2024. Namun menurutnya, dugaan serupa juga bisa berlaku jika AHY bersilaturahmi dengan figur pimpinan lainnya seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Hemat kami hal yang sama juga akan berlaku jika bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar Pranowo, karena kesemua mereka adalah figur-figur pemimpin muda yang dikehendaki masyarakat untuk tampil pada Pemilu 2024 nanti,” jelasnya.

Lantas benarkah pertemuan kemarin membuka peluang berduet AHY dengan Anies di Pilpres 2024? Kamhar menyebut saat ini pihak Partai Demokrat belum memikirkan sampai sejauh itu. Dia menyebut Partai Demokrat masih fokus pada konsolidasi internal partai.

“Saat ini Partai Demokrat masih fokus pada konsolidasi internal dan terus menyerap aspirasi rakyat untuk diperjuangkan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu di Balai Kota DKI Jakarta. Temu kangen ini pun disebut sebagai pertemuan nostalgia.

“Nostalgia, ha-ha-ha,” kata AHY saat tiba di Balai Kota DKI.

Pertemuan itu berlangsung beberapa jam. AHY bahkan mengaku sudah rindu untuk bertemu dengan sahabatnya itu.

“Sebetulnya sudah rindu juga temu kangen sama Mas Anies ini karena beliau juga adalah sahabat diskusi sejak dulu. Dan tentunya saya apresiasi segala kerja yang dilakukan Pak Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta yang kita tahu menghadapi tantangan kepemimpinan yg sangat kompleks di masa krisis pandemi COVID-19 ini,” kata AHY.

AHY menuturkan dia dan Anies terus bersahabat seusai kompetisi Pilgub DKI 2017. Silaturahmi keduanya bukan hanya saat ini.

“Mas Anies itu juga selalu mengatakan bahwa dalam demokrasi yang sehat, kita harus terus bersahabat dalam menyampaikan gagasan,” ucapnya.

“Tentu kami bersahabat. Pernah satu masa kita berkompetisi, tetapi begitu selesai kembali kita bersahabat,” sambung AHY.[prs]