Demi Keselamatan Warga, Presiden Rusia Desak Israel dan Palestina Hentikan Konflik

  • Bagikan
Demi Keselamatan Warga, Presiden Rusia Desak Israel dan Palestina Hentikan Konflik
Presiden Rusia Vladimir Putin (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mendesak Israel dan Palestina untuk menghentikan konflik yang terjadi. Desakan ini disampaikan demi keselamatan warga negara kedua pihak yang berkonflik tersebut.

Seperti dilansir APF, Kamis (13/5/2021), Vladimir Putin dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres sepakat untuk bersama-sama menyerukan diakhirinya pertempuran antara Israel dan Palestina. Keduanya menyuarakan ini setelah konflik antara Israel dan Palestina semakin membesar.

“Mengingat eskalasi konflik Palestina-Israel, disebutkan bahwa tugas utama adalah menghentikan tindakan kekerasan di kedua sisi dan memastikan keselamatan penduduk sipil,” kata pihak Istana Kremlin, dalam keterangannya.

Berdasarkan sumber Istana Kremlin, kedua pemimpin itu juga menyerukan dibicarakannya solusi untuk kedua negara tersebut. Ini dilakukan, demi terciptanya perdamaian di Israel dan Palestina.

Guterres bahkan mengatakan PBB “sepenuhnya siap” untuk melanjutkan pekerjaan Kuartet dan memfasilitasi dialog antara pihak Israel dan Palestina.

Untuk diketahui, konflik antara Israel dan Palestina semakin berkembang akhir-akhir ini buntut dari adanya bentrokan yang melukai ratusan orang di Masjid Al-Aqsa Yerusalem. Kementerian Kesehatan Gaza memastikan hingga kini konflik tersebut telah memakan 84 korban jiwa dari warga Palestina dengan 17 di antaranya merupakan anak-anak.

Tak hanya Palestina, pihak Israel juga kehilangan 6 warganya akibat konflik tersebut dan seorang warga India juga dipastikan tewas. Hamas mengklaim itu akibat serang rentetan roket ke sejumlah wilayah di Israel yang dilakukan pihaknya beberapa waktu yang lalu. (ndi)

  • Bagikan