Connect with us

DPR

Cak Imin Apresiasi Palestina-Israel Sepakati Gencatan Senjata

Diterbitkan

Pada

Cak Imin Apresiasi Palestina-Israel Sepakati Gencatan Senjata
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (ist/net)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Abdul Muhaimin Iskandar atau yang biasa disapa Cak Imin, menyampaikan apresiasi terhadap Israel dan Palestina yang bersepakat untuk melakukan gencatan senjata di wilayah Gaza.

“Ini solusi yang kita harapkan bersama. Semoga dengan adanya gencatan senjata ini, perdamaian di Palestina akan segera terwujud,” ujar Cak Imin, dalam siaran persnya, Jum’at (21/5/2021).

Dikatakannya, selain gencatan senjata, kedua negara harus duduk bersama untuk mewujudkan kedamaian yang sejati. Sebab, konflik kedua negara telah berlangsung cukup lama dan selalu berulang.

“Setelah adanya kesepakatan gencatan senjata, harus dilakukan dengan pertemuan lanjutan, kedua negara duduk bersama. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, cukup strategis untuk mengambil peran sebagai mediator,” ujar Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Dukungan terhadap Palestina ini, kata dia, bahkan sudah cukup lama disuarakan dirinya. Pada 2017 silam misalnya, dia menggelar pertemuan dengan sejumlah duta besar negara-negara Timur Tengah di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut dibahas konflik Palestina dan Israel. Hadir duta besar dari Mesir, Palestina, Iran, Qatar, Saudi Arabia, dan Yaman.

Saat itu Cak Imin mengajak para duta besar untuk terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina dengan jalan diplomasi.

“Saya berharap perjuangan terhadap kemerdekaan Palestina terus dilakukan. Alhamdulillah negara-negara Islam bersatu memperjuangkan Palestina,” kata legislator dapil Jawa Timur VIII itu.

Seruan Muhaimin juga sejalan dengan sikap Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang meminta agresi militer Israel di Palestina segera dihentikan untuk mengakhiri krisis kemanusiaan. Pasalnya, peperangan yang kembali pecah dalam beberapa hari terakhir telah memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

“Kami mengutuk dan mengecam keras agresi militer Israel yang telah memporak-porandakkan Palestina, merenggut nyawa-nyawa warga sipil yang tidak berdosa. Hentikan segera agresi militer yang dilkukan oleh Israel terhadap Palestina,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj saat berkunjung ke rumah Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, pada Senin (17/5/2021) malam. (Foto Istimewa)

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (20/5/2021) lalu, Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata di seluruh perbatasan Jalur Gaza, mulai hari Jumat (21/5/2021) pukul 2 dini hari.

Demikian petikan pernyataan faksi Islamis Palestina sebagaimana diberitakan beberapa kantor berita. Gencatan senjata ini berpotensi mencegah terjadinya pertempuran paling sengit selama puluhan tahun. (ndi)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPR

 Fraksi PKS Terima Aspirasi DPR Papua Terkait Revisi UU Dana Otsus Papua

Diterbitkan

Pada

Penulis

 Fraksi PKS Terima Aspirasi DPR Papua Terkait Revisi UU Dana Otsus Papua
Baca Berita

DPR

DPR Minta Pemerintah Santuni Pedagang Pasar

Diterbitkan

Pada

DPR Minta Pemerintah Santuni Pedagang Pasar
Baca Berita

DPR

Waka Komisi III DPR RI Sahroni Kritik Penyidik Polres Jakarta Utara Terkair Kasus Gadget

Diterbitkan

Pada

Waka Komisi III DPR RI Sahroni Kritik Penyidik Polres Jakarta Utara Terkair Kasus Gadget
Baca Berita
Loading...