Biden dan Putin Bakal Gelar Pertemuan di Swiss

  • Bagikan
Biden dan Putin Bakal Gelar Pertemuan di Swiss
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan menggelar pertemuan langsung di Jenewa, Swiss, bulan depan. Ini akan menjadi pertemuan pertama antara keduanya sejak Biden menjabat Presiden AS pada awal tahun ini.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (26/5/2021), pertemuan Biden dan Putin ini digelar di tengah perselisihan tajam soal campur tangan pemilu, serangan siber, hak asasi manusia (HAM) dan soal Ukraina.

Pertemuan keduanya akan digelar di Jenewa pada 16 Juni mendatang. Selain menjadi kantor banyak badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Jenewa juga menjadi lokasi bersejarah pertemuan tahun 1985 antara pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev dan Presiden AS saat itu, Ronald Reagan.

Awal bulan ini, Reuters melaporkan bahwa kedua negara menurunkan ekspektasi untuk terobosan dalam pertemuan tersebut, dengan tidak ada niat mencapai konsesi untuk ketidaksepakatan antara keduanya.

“Para pemimpin akan membahas berbagai masalah mendesak, saat kami berupaya memulihkan prediktabilitas dan stabilitas dalam hubungan AS-Rusia,” tutur Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki.

Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia dalam pernyataannya menyebut bahwa kedua kepala negara akan membahas hubungan bilateral.

Secara detail, Kremlin juga menyebutkan bahwa pertemuan itu akan membahas ‘masalah-masalah stabilitas strategis’ terutama terkait nuklir, juga ‘menyelesaikan konflik regional dan membahas kerja sama dalam memerangi pandemi virus Corona (COVID-19).[prs]

  • Bagikan