Akhir Juli, Giant Di Seluruh Indonesia Akan Tutup

Realitarakyat.com – PT Hero Supermarket Tbk (HERO), memutuskan untuk menutup semua gerai Giant yang ada di seluruh Indonesia mulai akhir Juli 2021.

Lalu bagaimana nasib para karyawan Giant?

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Patrik Lindvall, mengucapkan terima kasih kepada karyawannya yang mendukung bisnis Giant selamat ini.

Selain itu, ia menyebut pihaknya akan berkomunikasi lebih lanjut dengan para karyawan yang terdampak kebijakan ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada karyawan kami, pelanggan kami, serta mitra bisnis kami yang telah mendukung bisnis Giant selama ini. Kami akan memastikan bahwa proses komunikasi dengan seluruh karyawan kami yang terdampak oleh perubahan ini akan berlangsung dengan penuh empati dan rasa hormat,” ujar Patrik Lindvall dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (26/5/2021).

“Kami juga akan memastikan proses yang adil bagi seluruh mitra bisnis kami. Keputusan besar seperti ini tidaklah mudah, tetapi kami percaya keputusan ini perlu diambil untuk kepentingan jangka panjang PT Hero Supermarket Tbk. dan para karyawan kami yang berada di bawah naungan perusahaan.” sebutnya.

Patrik Lindvall juga membeberkan penyebab pihaknya, memutuskan untuk menutup semua gerai Giant yang ada di seluruh Indonesia mulai akhir Juli 2021 mendatang.

Ia menyebut, pihaknya akan memfokuskan bisnisnya ke merek dagang lain di sektor peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, serta keperluan sehari-hari untuk kelas atas. Seperti IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket yang memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

“Seperti bisnis mumpuni lainnya, kami terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah, termasuk menurunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia; sebuah tren yang juga terlihat di pasar global,” ujarnya.

“Kami tetap meyakini bahwa sektor peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, serta keperluan sehari-hari untuk kelas atas memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi,” lanjutnya.

Patrik menambahkan, dalam kurun waktu dua tahun pihaknya menargetkan akan menggandakan empat kali lipat jumlah gerai IKEA dibanding tahun 2020, serta membuka hingga 100 gerai Guardian baru hingga akhir tahun 2022.

Sebagai bagian dari fokus baru ini, PT Hero Supermarket Tbk juga akan mengubah hingga lima gerai Giant menjadi IKEA, yang diharapkan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan.

Sementara Gerai Giant lainnya akan ditutup pada akhir Juli 2021, walaupun negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai Giant kepada pihak ketiga masih berlangsung.

PT Hero Supermarket Tbk juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi gerai Hero Supermarket.(ilm)