Connect with us

Daerah

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pathul Bahri, Buka Pasar UMKM  Ramdhan 1442 H

Diterbitkan

Pada

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pathul Bahri, Buka Pasar UMKM  Ramdhan 1442 H
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) menghadirkan Pasar Ramadhan Berkah yang  dibuka pada Kamis (15/4) sore. Program tersebut dicanangkan guna menciptakan roda ekonomi masyarakat di tengah pademi Covid 19, dan sebagai langkah menyambut bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan yang akan berlangsung mulai 15 April hingga 8 Mei ini dihajatkan untuk membangkitkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah pandemi saat ini,” ungkap Sudirman, selaku  ketua pelaksana.

Dikatakan, pasar ini diprakarsai oleh rekan-rekan yang ada di Asosiasi UMKM Mandalika. Dimana, dalam pelaksanaannya semua stand menjajaki aneka jenis makanan ringan, menu berbuka, sembakau dan lainnya. Bahkan, dinas-dinas ikut memasarkan produk-produk kelompok binaannya yang selama ini aktif berproduksi. Namun demikian, ia menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan, terima kasih atas kepercayaan pemerintah kepada kami. Sehingga kegiatan yang sudah lama direncanakan ini bisa terealisasi. Semoga berjalan lancar dan sukses ke depannya. Dengan adanya kegiatan ini, kami optimis UMKM yang ada saat ini akan bangkit,” terangnya.

Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri juga menegaskan, bahwa dengan adanya kegiatan pasar ramadhan ini, ia yakin akan membawa berkah bagi masyarakat. Karena hajatannya untuk membantu masyarakat dan membantu pelaku UMKM. Tanpa mengenyampingkan penerapan Prokes kesehatan bagi para penjual maupun pengunjung.

“Ini memang kerumunan tapi kerumunan yang berkah dan sesuai Prokes. Kemarin saja pak Presiden Joko Widodo membuka festival otomotif, itu juga kerumunan tapi dilaksanakan sesuai Prokes dan itu dihadiri semua Bupati, Walikota dan Gubunernur se Indonesia, Ya diizinkan juga,” ujar Pathul saat membuka kegiatan Pasar Ramadhan Berkah di Lapangan Alun-Alun Tastura Praya, Kamis (15/4) sore.

Pathul kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak menafikkan bahwa dengan adanya kegiatan ini membuat adanya keramaian dan kerumunan seperti yang diperdebatkan oleh banyak kalangan di media akhir-akhir ini. Namun ia menekankan bahwa semua tetap patuh pada Prokes dan sesuai pysical distancing.

Untuk itu, ia meminta agar semua pihak memandangnya sebagai sebuah hal yang positif dan tidak lain hajatannya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah situasi yang serba sulit saat ini.

“Kegiatan ini untuk meransang pertumbuhan dan keberlangsungan UMKM kita. Agar tetap bangkit dimasa pandemi dan terus produktif. Kita optimis jika UMKM bangkit rakyat sejahtera Lombok Tengah bersatu jaya,” sebutnya.

Lebih jauh disampaikan Politisi Gerindra ini bahwa, pemerintah hadir untuk menyiapkan dan membina UMKM. Terlebih kedepan berbagai kegiatan akan dilakukan di daerah ini yang mana tentunya membutuhkan berbagai hasil produk yang cukup banyak untuk disuguhkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Loteng.

“Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar, maka pembinaan dan pemberdayaan akan tetap kita lakukan ke depan. Terlebih tahun ini ada tamu datang sekitar 1.500 melalui L’Etape Indonesia Tour de France 2021 pada September mendatang. Tentu kita harus siapkan itu,” tambahnya.

Disampaikan juga, bahwa di lokasi Pasar Ramadhan Berkah ini sudah disiapkan berbagai produk yang dijual dengan harga murah. Selain memasarkan berbagai hasil produk UMKM, pada momen pembukaan ini pihaknya juga melakukan santunan terhadap puluhan anak yatim piatu.

“Jadi kita tegaskan bahwa berbagai produk yang dijual tidak sama harganya dengan pasar biasa. Lebih murah, awas kalau ada yang lebih mahal,” perintah Pathul. (LS)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Daerah

Satu Bulan Jadi DPO, Khairul Fadli Akhirnya Diringkus Sat Reskrim Polres Tanjungbalai

Diterbitkan

Pada

Penulis

Satu Bulan Jadi DPO, Khairul Fadli Akhirnya Diringkus Sat Reskrim Polres Tanjungbalai
Baca Berita

Daerah

DPK BAPERA Haltim Turut Hadir Rapat Pembuatan Posko Desa Mensukseskan Pencegahan Covid 19

Diterbitkan

Pada

DPK BAPERA Haltim Turut Hadir Rapat Pembuatan Posko Desa Mensukseskan Pencegahan Covid 19
Baca Berita

Daerah

Pelaku Mengaku : Nekat Bunuh Ketua MUI Labura Akibat Sakit Hati

Diterbitkan

Pada

Penulis

Pelaku Mengaku : Nekat Bunuh Ketua MUI Labura Akibat Sakit Hati
Baca Berita
Loading...