Terseret Kasus Korupsi Bansos Covid, Yandri Bisa Perburuk Citra PAN

  • Bagikan
Terseret Kasus Korupsi Bansos Covid, Yandri Bisa Perburuk Citra PAN
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto diduga terlibat dalam skandal kasus korupsi Bantuan Sosial (Bansos) yang sedang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diketahui, Yandri sudah menjalani pemeriksaan oleh tim dari KPK, pekan lalu. Dalam salinan dokumen, Yandri disebut-sebut menerima jatah pengadaan paket bahan pokok sebanyak empat kali dengan jumlah 100 ribu paket melalui PT Total Abadi Solusindo.

Menanggapi hal itu, Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan, dampak dari Yandri yang menjadi terperiksa ini akan memperburuk citra partainya di mata publik.

“Ini sekarang masih terperiksa, terperiksa saja sudah punya dampak,” kata Lucius Karus saat dihubungi, Senin malam (5/4/2021).

Lucius menegaskan, publik akan mudah mengaitkan Yandri dengan perkara kasus yang diduga merugikan negara triliunan rupiah tersebut.

“Mudah bagi publik untuk mengkaitkan dugaan keterlibatan dia (Yandri) dalam kasus ini. Apalagi jika jadi ditetapkan tersangka, pasti akan berdampak untuk PAN. Apalagi PAN ini belum jelas posisinya sebagai oposisi atau koalisi,” terangnya.

Terlepas dari itu, Lucius meminta PAN memberikan kesempatan kepada KPK untuk mengusut tuntas dugaan keterlibatan Yandri. PAN tidak boleh mengintervensi kinerja para penyidik di lembaga yang dipimpin oleh Firli Bahuri itu.

“Jadi dukungan dari parpol untuk memastikan posisi Yandri itu terlibat atau tidak saya kira penting dengan memberikan kesempatan ke KPK untuk mengungkap apa yang terjadi,” tandasnya.[prs]

  • Bagikan