Tangkal Ancaman China, Taiwan Beli Rudal Pertahanan Udara Versi Baru Buatan AS

  • Bagikan
Tangkal Ancaman China, Taiwan Beli Rudal Pertahanan Udara Versi Baru Buatan AS
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Di tengah meningkatnya ketegangan dengan China, Taiwan memutuskan untuk membeli rudal pertahanan udara versi terbaru buatan Amerika Serikat (AS). Pembelian rudal ini untuk menangkal ancaman China yang semakin meningkat.

Dilansir dari Reuters, Kamis (1/4/2021), Taiwan mengeluhkan aksi penyusupan berulang kali oleh pesawat-pesawat Angkatan Udara China ke dalam Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) beberapa bulan terakhir. China terus meningkatkan tekanan terhadap Taiwan agar mau menerima kedaulatan China.

Angkatan Udara Taiwan menuturkan kepada Reuters pada Rabu (31/3) waktu setempat bahwa pihaknya memutuskan untuk membeli Patriot Advanced Capability 3 (PAC-3) dengan Missile Segment Enhancement (MSE).

Rudal jenis darat-ke-udara buatan Lockheed Martin Corp itu akan dikirimkan ke Taiwan mulai tahun 2025 mendatang dan mulai digunakan setahun berikutnya.

Jumlah rudal Patriot jenis terbaru yang akan dibeli oleh Taiwan tidak disebut lebih lanjut oleh Angkatan Udara Taiwan, dengan alasan sensitivitas isu ini.

“Rencana pembelian diambil berdasarkan ancaman dari musuh,” ungkap seorang juru bicara Angkatan Udara Taiwan kepada Reuters.

Ditambahkan juru bicara itu bahwa Taiwan akan terus ‘meningkatkan kemampuan pertahanannya’. Menurut sang juru bicara, Angkatan Udara Taiwan ‘optimis namun berhati-hati’ soal perkembangan rencana pembelian ini. (ndi)

  • Bagikan