Tak Ada Narkoba, Petugas hanya Temukan Senjata Tajam dan Ponsel di Lapas Karawang

Realitarakyat.com – Petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lembaga pemasyarakatan (lapas) Kelas IIA Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021). Operasi tersebut, dilakukan sebagai upaya pengendalian dan monitoring terhadap para penghuni Lapas Karawang.

Dalam operasi tersebut, petugas menemukan senjata tajam dan ponsel​​ (​​handphone), dan tidak menemukan narkoba.

“Saat penggeledahan pada Selasa (6/4/2021) malam, tidak ada temuan narkotika. Hanya ditemukan senjata tajam dan ponsel,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Lenggono, di Karawang, Rabu (7/4/2021).

Dalam operasi penggeledahan di sejumlah kamar lapas itu, kata dia, petugas menyita 15 ponsel, senjata tajam, baterai, alat- alat dapur hingga obat-obatan medis.

Dalam operasi gabungan itu, petugas melakukan penggeledahan di Blok B Lapas Karawang yang mayoritas penghuninya terlibat kasus narkoba.

“Kalau terdeteksi siapa pemiliknya, kami tindak lanjuti dan memberikan sanksi ringan, sedang, hingga sanksi berat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karawang Dea mengatakan bahwa operasi gabungan itu sebagai upaya pengendalian dan monitoring terhadap para penghuni Lapas Karawang.

Ia juga meminta pihak Lapas Karawang lebih maksimal lagi melakukan pengawasan kepada warga binaannya.

“Untuk narkotika, tidak ditemukan, hanya ditemukan obat medis. Ini menjadi perhatian ke depan agar tidak bisa masuk lagi ke Lapas Karawang karena obat medis bisa saja digantikan dengan serbuk yang mengandung narkotika,” katanya. (ndi)